-->

Iklan

terkini

Tips dan Cara Menambah Nafsu Makan untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

JNJ Indonesia
6/02/22, 13:10 WIB Last Updated 2022-06-02T07:10:38Z
Tips dan Cara Menambah Nafsu Makan untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

JNJ Indonesia - Tidak perlu merasa pusing memikirkan cara menambah nafsu makan secara alami dengan cepat. Karena di dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan nafsu makan untuk anak maupun orang dewasa.



Nafsu makan memang merupakan salah satu faktor penting untuk mendapat tubuh ideal. Karena nafsu makan akan mendorong kamu untuk mendapat asupan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.


Tanpa adanya nafsu makan, kamu akan sulit memiliki berat badan ideal. Kamu akan cenderung memiliki berat badan di bawah massa tubuh seharusnya yang mana hal ini adalah sumber dari penyakit.


Namun masalahnya, terkadang nafsu makan hilang atau berkurang begitu saja. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mendapat cara mengatasinya setelah selesai membaca artikel ini.


Faktor yang Menyebabkan Nafsu Makan Berkurang

Sebelum kami membahas mengenai cara menambah nafsu makan, ada baiknya kami bahas sebab nafsu makan berkurang. Karena sebenarnya ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab masalah ini.


Dengan memahaminya, akan membantu kamu dalam menentukan cara terbaik untuk bisa mengatasi masalah berkurangnya nafsu makan. Berikut adalah beberapa penyebab yang membuat seseorang kehilangan selera makannya.


1. Sakit

Tentu kamu sudah mengetahui bahwa ketika seseorang sedang sakit, akan kehilangan nafsu makan. Apalagi ketika sedang sakit, rasa makanan terasa hambar dan menjadi tidak nikmat.


Oleh karena itu memang kesehatan tubuh sangatlah penting untuk dijaga. Karena akan membuat kamu memiliki selera makan sehingga bisa menikmati setiap rasa dari makanan yang disajikan.


2. Memiliki Masalah Psikologis

Selain masalah pada fisik, masalah pada psikologis juga akan mempengaruhi nafsu makan. Oleh karena itu kamu yang sedang mengalami masalah stres, sedih atau cemas perlu memahami cara menambah nafsu makan.


Keadaan pikiran memang sangat berpengaruh pada perilaku kamu, termasuk pada perilaku makan. Jika kamu sedang memiliki pikiran yang negatif, akan cenderung tidak selera untuk melakukan segala kegiatan termasuk makan.


3. Tanpa Penyebab

Beberapa orang seringkali merasa kesulitan dalam mengidentifikasi penyebab mereka kehilangan nafsu makan. Sebab mereka tidak merasakan adanya masalah pada kondisi tubuh atau fisik maupun pikiran mereka.


Hal ini memang bisa saja terjadi. Salah satunya ditandai dengan perasaan bosan untuk makan dan memilih menunda makan. Pada akhirnya kamu jadi terbiasa untuk tidak makan.


Cara Menambah Nafsu Makan dengan Mudah

Masalah hilangnya nafsu makan karena sakit atau stress bisa saja hilang ketika kondisi kamu sudah membaik. Namun dalam beberapa kasus, perasaan tidak mau makan tetap ada dalam waktu lama.


Cara pertama untuk mengatasi ini adalah dengan menciptakan kondisi ideal saat sedang makan. Berikut adalah beberapa pengkondisian yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan selera makan.


1. Ajak Orang Lain Saat Makan

Ketika kamu makan sendirian, kamu akan cenderung merasa bosan. Sehingga aktivitas makan terasa tidak menyenangkan dan membuat kamu kehilangan selera makan. Sehingga mengajak orang lain saat makan bisa menjadi solusinya.


Kamu bisa mengajak keluarga atau teman untuk makan bersama. Sehingga aktivitas makan menjadi lebih menyenangkan dan kamu bisa lebih lahap dalam menyantap makanan yang disajikan.


2. Buat Jadwal Makan yang Tetap

Membuat jadwal makan rutin setiap harinya merupakan salah satu cara menambah nafsu makan yang cukup efektif. Sebab tubuh kamu akan menjadi terbiasa untuk makan pada jam-jam tersebut.


Selain itu memiliki waktu makan yang berantakan juga cenderung membuat kamu melewatkan makan. Sehingga pada akhirnya kamu akan terbiasa untuk tidak makan dan menurunkan nafsu makan.


3. Perhatikan Alat Makan

Alat makan khususnya piring memiliki pengaruh cukup besar dalam selera makan kamu. Gunakan piring berukuran besar agar kamu bisa memiliki nafsu makan lebih besar daripada yang biasanya.


Sebab dengan menggunakan piring besar akan membuat makanan terkesan lebih sedikit. Sebaliknya, piring kecil akan membuat makanan terkesan lebih banyak sehingga kamu akan kenyang duluan sebelum makan.


Beberapa Makanan yang Dapat Menambah Nafsu Makan

Beberapa zat atau makanan dipercaya merupakan cara menambah nafsu makan yang efektif bagi tubuh. Kamu bisa mempertimbangkan mengkonsumsi bahan berikut ini agar selera makan kamu meningkat.


1. Rempah-rempah

Rempah-rempah memang bisa memperkaya cita rasa di dalam makanan. Hal ini juga yang menjadi salah satu kelebihan makanan dari Indonesia jika dibandingkan dengan makanan dari negara lain.


Selain memperkaya cita rasa, rempah-rempah juga mampu menambah selera makan yang orang memakannya. Beberapa rempah yang cukup baik untuk melakukannya adalah jahe, merica hitam dan juga mint.


2. Asam Folat

Salah satu penyebab kurangnya nafsu makan adalah kandungan asam folat di dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi asam folat merupakan cara menambah nafsu makan yang banyak dianjurkan.


Kamu bisa menambahkan sayuran hijau, jeruk atau pisang sebagai tambahan asupan asam folat. Namun pastikan kamu tidak mengkonsumsi asam folat lebih dari 400mg per harinya ya.


3. Yoghurt

Yoghurt adalah makanan olahan hasil fermentasi susu. Selain memiliki cita rasa yang nikmat, ternyata yoghurt juga bisa membantu kami meningkatkan selera makan. Sehingga kamu bisa menjadikan yoghurt sebagai camilan.


4. Makanan Favorit

Setiap orang tentu memiliki makanan favoritnya tersendiri. Sebagai makanan favorit, pastinya kamu menyukai makanan tersebut, bukan? Sehingga kamu bisa menjadikan makanan favorit sebagai media penambah nafsu makan.


Namun jangan terlalu sering menjadikan makanan favorit sebagai pilihan ketika nafsu makan hilang. Karena pada akhirnya kamu akan merasa bosan dan justru kehilangan selera untuk menyantap makanan tersebut.


Lakukan Ini Untuk Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Selain beberapa cara menambah nafsu makan di atas, ada beberapa hal lain yang bisa membantu kamu melakukannya. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan membuat kamu lebih selera makan.


1. Mengatur Porsi Makan

Mengatur porsi makan dapat membantu kamu meningkatkan selera makan. Kamu bisa memecah porsi makan kamu menjadi lebih kecil namun menambahkan aktivitas makan agar lebih sering.


Contohnya jika secara normal kamu makan 3 kali sehari, dapat ditambah menjadi 4 atau 5 kali sehari. Namun dengan membuat porsi dalam setiap makan menjadi lebih sedikit.


2. Sarapan

Banyak orang yang sering melewatkan sarapan dan menggabungnya dengan makan siang. Padahal sarapan sangat penting sebagai salah satu cara menambah nafsu makan. Sehingga kamu tidak boleh melewatkannya.


3. Mengalihkan Perhatian

Jika kamu merasa bosan untuk makan, kamu bisa mengalihkan perhatian dengan makan bersamaan dengan melakukan kegiatan lain. Contohnya dengan makan berbarengan dengan menonton film atau tv.


Sebab dengan begitu kamu tidak akan terlalu fokus pada makanan. Sehingga secara tidak sadar tubuh akan tetap makan dan secara perlahan menumbuhkan kembali selera makan kamu.


Nafsu makan adalah hal yang tidak boleh dianggap sepele. Ada baiknya kamu menaruh perhatian ketika selera makan mulai menurun atau hilang. Karena hal ini akan menimbulkan masalah di kemudian hari.


Pastikan kamu tetap mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup melalui makan. Lakukan cara menambah nafsu makan di atas agar kamu tidak mengalami masalah dalam aktivitas makan.

  • 👈 SHARE: Tips dan Cara Menambah Nafsu Makan untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

Terkini

Topik Populer

Iklan