-->

Iklan

terkini

Ide Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa yang Mudah Dijalankan

JNJ Indonesia
9/06/21, 11:30 WIB Last Updated 2021-09-06T04:30:00Z
Ide Usaha Sampingan untuk Mahasiswa

Tanpa disadari banyak sekali ide usaha sampingan untuk mahasiswa dengan modal kecil ataupun tanpa modal namun hasilnya menguntungkan. Dengan memiliki kreativitas serta berani dalam mengambil risiko, kamu bisa sukses mengelola bisnis sembari kuliah. Bisnis sampingan mahasiswa atau pelajar bisa dilakoni sembari belajar.

Sebagai pelajar, terkadang kamu dituntut untuk bisa bersikap mandiri serta tidak bergantung pada kiriman uang saku dari orang tua. Apalagi untuk mahasiswa yang merantau dan harus menyisihkan uang saku untuk kost serta pengeluaran rutin yang lain.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan selama kost adalah berbisnis. Sebagai mahasiswa ada begitu banyak peluang tersedia. Jika dimanfaatkan dengan baik, peluang ini bisa menambah pengalaman dan uang saku.

Bahkan, saat ini tidak sedikit perguruan tinggi memberi dukungan agar bisa meningkatkan minat kewirausahaan mahasiswa, sehingga bukan hanya untuk menambah uang saku, namun juga bisa dijadikan sebagai pengalaman sesudah lulus kuliah.

Keuntungan Menjalankan Ide Usaha Sampingan untuk Mahasiswa


Ada berbagai macam hal positif yang bisa kamu peroleh ketika berbisnis saat berstatus menjadi mahasiswa. Berikut berbagai macam keuntungan yang bisa kamu dapatkan, seperti:

1. Uang jajan menjadi bertambah
Tentu saja keuntungan utama ialah menambah uang jajan. Ketika memulai usaha sampingan dan sudah berjalan, kamu tidak perlu lagi menunggu uang saku yang diberikan orang tua.

Bahkan, kamu bisa memiliki sejumlah tabungan sendiri yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian serta uang jajan. Jadi, tidak perlu lagi menunggu uang saku yang dikirimkan.

2. Bisa menambah pengalaman
Keuntungan menjalankan ide usaha sampingan untuk mahasiswa bukan hanya keuntungan materi, namun juga keuntungan non materi. Ketika menjalankan bisnis ini, pengalaman yang kamu miliki menjadi semakin bertambah.

Perlu diketahui, tidak ada yang bisa membeli pengalaman. Ketika membuka bisnis sampingan, kamu akan mengetahui seperti apa rasanya kegagalan berbisnis, kamu juga memiliki peluang merasakan manisnya menjalankan bisnis.

3. Memiliki tabungan untuk masa depan
Ketika bisa menghasilkan uang sendiri, kamu juga akan belajar mengelolanya sendiri juga. Inilah hal yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan masa depan. Dengan berbisnis, di usia muda, kamu bisa menyisihkan uangnya untuk tabungan, dengan demikian masa depan dan hari tua bisa menjadi semakin terjamin karena adanya bekal uang tabungan.

Tantangan Menjalankan Ide Usaha Sampingan untuk Mahasiswa


Memang, bukan menjadi hal mudah ketika ingin memulai bisnis, lebih-lebih jika kamu belum pernah melakukannya sebelumnya.

Hal yang menjadi catatan adalah, bisnis bukan hanya membutuhkan modal namun juga memerlukan waktu luang untuk memulai. Meskipun terdapat keuntungan, tidak sedikit kerugian atau risiko yang akan kamu temukan ketika menjalankan bisnis. Berikut beberapa tantangannya:

1. Pembagian waktu untuk kuliah
Ketika kamu sudah yakin untuk menjalankan bisnis ketika berada di bangku kuliah, kamu harus memiliki komitmen penuh dengan bisnis tersebut. Jika sudah demikian, kuliah bisa menjadi nomor dua dan malah fokus ke bisnis.

Apalagi bila bisnis yang kamu coba sudah menunjukkan hasil yang menjanjikan, pasti kamu akan keteteran untuk urusan kuliah. Padahal kedua hal ini harus dijalankan dengan seimbang.

2. Lebih lelah
Dibandingkan dengan hanya fokus pada kuliah saja, mencoba ide usaha sampingan untuk mahasiswa bisa membuatmu lebih lelah dan akhirnya sakit. Apalagi, ketika sudah fokus dalam dunia bisnis, kesehatan menjadi hal yang dinomorduakan.

Sehingga, selain kamu menjalankan bisnis dan kuliah, kondisi tubuh juga harus diperhatikan dengan baik. karena, tidak mungkin bisnis akan menjadi lancar jika kamu sendiri mudah sakit.

3. Jangan melupakan waktu
Waktu adalah hal penting ketika menjalankan bisnis serta kuliah. Bahkan, kadang kala dua hal ini saling berbenturan. Oleh sebab itu, sebagai mahasiswa dan pebisnis, kamu harus jeli untuk mengatur waktu.

Jika memang kuliah sedang ada kelas, kamu juga harus mengatur ulang jadwal bisnis. Pebisnis sukses merupakan pebisnis yang bisa mengatur waktunya serta mengelola keuangan dengan baik.

Sedangkan, mahasiswa sukses juga harus memikirkan tugas serta meraih prestasi. Dua hal ini harus sejalan sehingga kamu dapat meraih kesuksesan.

Tips Mengelola Keuangan saat Menjalankan Ide Usaha Sampingan untuk Mahasiswa


Kesulitan mengelola keuangan sering dialami oleh mahasiswa yang mencoba menjalankan bisnis. Pengusaha merupakan manusia yang tidak lepas dari adanya kesalahan, termasuk ketika mengelola keuangan.

Lebih-lebih karena masih berstatus sebagai mahasiswa, keinginan untuk membeli sesuatu dengan uang hasil jerih payah sendiri menjadi lebih besar. berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika mengelola keuangan bisnis, antara lain:

1. Buat rencana keuangan yang sederhana
Hal mendasar yang harus dilakukan ialah membuat perencanaan keuangan. Di dalam perencanaan keuangan tersebut terisi alokasi anggaran operasional seperti upah karyawan, promosi, bahan baku dan lainnya.

Kamu harus mencatat pemasukan berapapun besarnya pemasukan tersebut. Perencanaan yang sederhana ini bisa memudahkanmu untuk mengontrol keuangan dari waktu ke waktu, bila realisasinya tidak sesuai, kamu bisa melakukan evaluasi.

2. Tentukan target
Meskipun hanya usaha sampingan, namun kamu juga harus memiliki target. Namun, target yang harus ditetapkan adalah target yang realistis. Contohnya, kamu memiliki target penjualan produk Rp 300 ribu dalam sehari.

3. Lihat kondisi pasar dengan baik
Setiap konsumen pada dasarnya mempunyai karakteristik berbeda-beda, oleh sebab itu sangat penting meluangkan waktu sejenak serta melihat seperti apa kondisi pasar yang ada. Hal tersebut berkaitan erat dengan besarnya pemasaran.

Kamu bisa mencari tahu seperti apa tipe konsumen dan seperti apa orang yang berpotensi menjadi pelanggan. Saat awal memulai usaha, kamu bisa membidik pasar di sekitarmu.

Ide Usaha Sampingan untuk Mahasiswa atau Pelajar


Ada berbagai macam pilihan usaha sampingan untuk mahasiswa yang dapat kamu jalankan, berikut beberapa diantaranya, antara lain:

1. Freelancer
Freelancer atau pekerja lepas bisa menjadi peluang bisnis untukmu. Biasanya, di kampus tidak sedikit lowongan freelancer yang bertebaran. Kamu bisa mencoba menjadi desain grafis atau penerjemah.

2. Menjual barang-barang online
Mahasiswa begitu identik dengan hal praktis, oleh sebab itu berjualan online dapat menjadi bisnis yang bisa kamu jalankan ketika masih kuliah. Kamu bisa berjualan baju atau pernak-pernik yang sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Menjual pulsa
Ketika merintis bisnis, berjualan pulsa menjadi salah satu bisnis simpel namun tetap menggiurkan. Kamu hanya perlu menyiapkan modal Rp 50 ribu untuk berjualan pulsa. Keuntungan yang bisa kamu peroleh bisa mencapai Rp 1500 dalam sekali transaksi.

4. Jasa event organizer
Pilihan ide usaha sampingan untuk mahasiswa yang lainnya adalah EO. EO atau event organizer menjadi jasa yang sering dibutuhkan. Berbagai macam acara seperti acara pernikahan sampai acara kantor biasanya menggunakan jasa ini. modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis ini mulai dari Rp 5 jutaan.

5. Juru rias
Apakah kamu memiliki keterampilan untuk memoles wajah? Jika demikian, make up artist menjadi bisnis yang bisa kamu coba. Tarif make up artis sangat menjanjikan karena mulai dari Rp 500 ribuan.

6. Les anak sekolah
Les anak sekolah merupakan peluang yang banyak digeluti mahasiswa sekarang. Bisnis les anak sekolah bisa dilakukan sendiri maupun bersama dengan orang lain.

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Lainnya yang Mudah dijalankan:


Berikut ini beberapa ide bisnis sampingan yang menguntungkan dan dapat dijalankan mahasiswa atau pelajar.
  1. Menjual pulsa elektrik
  2. Event Organizer
  3. Fotografer atau videografer lepas
  4. Juru rias
  5. Toko online
  6. Kuliner
  7. Barbershop rumahan
  8. Jasa les anak sekolah
  9. Jasa pembuatan website
  10. Jual beli buku bekas
  11. Reparasi komputer atau laptop
  12. Translater
  13. Desain grafis
  14. Penulis lepas
  15. Distro
  16. Jajanan ringan atau snack
  17. Bisnis jasa tour and travel
  18. Jasa pet grooming
  19. Youtuber
  20. Jasa antar barang

Tanpa kita sadari, ada begitu banyak pilihan usaha sampingan yang bisa diambil serta mudah untuk dijalankan. Hal yang paling penting ketika menjalankan ide usaha sampingan untuk mahasiswa adalah kemauan.
  • 👈 SHARE: Ide Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa yang Mudah Dijalankan

Terkini

Topik Populer

Iklan