-->

Iklan

terkini

Peluang Usaha Sampingan di Tahun 2022 Bermodal Kecil Tapi Menjanjikan

JNJ Indonesia
9/06/21, 18:08 WIB Last Updated 2022-06-03T07:40:48Z
Peluang Usaha 2021

Mencari Ide peluang usaha 2022 yang membutuhkan modal kecil namun menguntungkan sebenarnya tidaklah sulit. Ada banyak sekali ide peluang usaha modal kecil namun menjanjikan yang dapat anda kerjakan di tahun 2022. Jika dilihat kembali, ada salah satu hal menarik dari karyawan. Karyawan memiliki waktu yang cukup panjang setelah pulang dari kantor, sayangnya mereka memiliki gaji yang cukup kecil.

Dibandingkan dengan hanya bersantai, akan lebih baik jika memanfaatkan waktu luang tersebut untuk membangun bisnis sehingga bisa mengubah waktu menjadi uang. Dari waktu luang setelah pulang kantor, kamu bisa menjalankan bisnis sampingan.

Bisnis sampingan modal kecil ini bisa kamu jadikan sebagai penghasilan tambahan atau untuk memenuhi rencana keuangan di masa yang akan datang. Sayangnya, tidak banyak karyawan kantor yang mau menjalankan usaha sampingan dengan alasan jam kantor.

Padahal, dengan menyisihkan sedikit jam pulang kantor, kamu bisa menjalankan usaha sampingan ini. mengingat, penghasilan dari usaha ini jumlahnya bisa sangat lumayan.

Penyebab Gagalnya Usaha Sampingan yang Dilakukan


Sebelum membahas ide peluang usaha sampingan 2022, kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengapa banyak bisnis sampingan yang gagal di tengah jalan. Meskipun usaha sampingan hanya sebagai pengisi waktu.

Namun kamu tidak boleh menjalankannya setengah-setengah. Berikut beberapa hal yang sering terjadi yang menjadi penyebab usaha sampingan gagal di tengah jalan:

1. Tidak menentukan prioritas dengan baik
Usaha sampingan memang tidak memiliki prioritas lebih dari pekerjaan utama. Bila kamu masih mempertahankan pekerjaan utama sembari mengembangkan usaha sampingan, kamu harus berhati-hati.

Banyak usaha sampingan yang gagal karena ingin cepat sukses, sehingga porsi melakukan usaha sampingan sama dengan pekerjaan utama. Contohnya seperti memaksakan diri mengambil banyak pesanan di usaha sampingan.

Padahal, kamu masih berstatus sebagai karyawan, karena hal ini kamu menjadi kurang maksimal melakukan usaha sampinganmu sehingga kualitas produk mengalami penurunan.

2. Tidak menentukan kebutuhan
Biasanya, karena terlalu bersemangat memulai usaha sampingan, sang pemilik menjadi tidak sadar terbuai dengan hal-hal kurang penting dan salah menentukan kebutuhan seperti memiliki usaha besar.

Contohnya saja seperti membuat kartu nama, membeli perangkat yang mahal hingga lainnya. memang, berbagai hal tersebut sangat penting untuk keberlangsungan bisnis, namun karena baru usaha kecil, kamu kurang memerlukan hal tersebut.

3. Memiliki pola pikir yang keliru
Memiliki ide peluang usaha sampingan 2022 yang bagus, namun jika pola pikirnya keliru akan sama saja. Banyak kegagalan yang disebabkan karena hal ini. Contoh salah satu pola pikir yang keliru adalah apapun yang dijual pasti akan ada pembeli. Pola pikir lain yang kurang tepat seperti menganggap enteng pemasaran serta mengembangkan produk hingga akhirnya terlalu sembrono mengeluarkan uang.

4. Rencana yang kurang matang
Meskipun hanya sebagai bisnis sampingan, namun kamu harus memiliki perencanaan yang matang. Rencana bisnis seperti rencana sederhana tanpa perlu hal rinci. Kamu bisa menentukan tujuan jangka pendek, panjang serta visi misi.

Mengapa Harus Memiliki Usaha Sampingan


Banyaknya ide peluang usaha sampingan 2022, sayang rasanya jika tidak dimanfaatkan dengan baik. sebenarnya, apa alasan yang membuat kita harus mempunyai usaha sampingan:

1. Pasar masih terbuka dengan sangat lebar
Ketika ingin membuka usaha sampingan, jangan pernah bingung. Bila kamu merupakan orang yang kreatif, semua bisa dijadikan sebagai bahan bisnis pembuka usaha sampingan. Pastikan jika usaha yang kamu jalankan memiliki pembeli.

Agar usaha bisa tepat dan sesuai perencanaan, kamu juga harus mempertimbangkan besarnya kompetisi yang mungkin akan dihadapi. Kamu bisa memulainya dengan mendengarkan opini mengenai bisnis yang akan kamu buka dari orang terdekat.

2. Membutuhkan uang tambahan
Harus diakui jika pegawai kantoran memiliki banyak waktu luang, sayangnya memiliki gaji yang pas-pasan. Jika demikian, membuka usaha sampingan tentu menjadi trend baru yang cukup menjanjikan.

Ide peluang usaha 2022 ini bisa kamu jadikan sebagai pintu rejeki yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Uang dari hasil usaha sampingan juga bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

3. Menjadi persiapan pensiun
Untuk pekerja di swasta, mempertimbangka mempunyai rencana pensiun memang dibutuhkan. Dengan usaha sampingan, rencana ini akan menjadi sangat mudah, bahkan bisa sangat menolong ketika berada di usia lanjut.

Penghasilan dari usaha sampingan bisa dijadikan sebagai penyambung hidup maupun mengisi aktivitas ketiak berada di usia tua. Apalagi ketika masuk usia pensiun, bisnis tetap dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mentalmu.

4. Menjadi aktualisasi diri
Apakah kamu merasa jika karir sudah mentok serta mengalami kebuntuan. Atau kamu merasa jika pekerjaan yang kamu lakukan sekarang ini kurang sesuai dengan passion yang kamu miliki. Jika demikian, menjalankan usaha sampingan bisa dilakukan.

Proses ini memiliki nama aktualisasi diri. Tetapi, hal yang harus kamu ingat ialah, pelajaran bisa datang dari kegagalan, sehingga ketika menjalankan usaha ini, kamu tidak perlu takut gagal.

Pilihan Peluang Usaha 2022


Usaha sampingan menjadi bisnis dengan skala kecil, tetapi dari skala kecil ini juga bisa menjadi besar. mungkin awalnya, menjalankan usaha sampingan hanya kamu gunakan sebagai penghasilan tambahan.

Namun bila dijalankan dengan sungguh-sungguh, akan berubah menjadi bisnis skala besar. Ada berbagai macam pilihan usaha yang bisa kamu ambil, antara lain:

1. Laundry kiloan
Memiliki mesin cuci di rumah, jika demikian mengapa tidak menggunakannya untuk mencoba ide peluang usaha sampingan 2022. Saat ini banyak yang lebih memilih laundry dibandingkan dengan mencuci pakaian sendiri.

Pemain bisnis laundry sekarang menjamur, apalagi di daerah yang dekat dengan kampus dan perkantoran. Modal yang dibutuhkan dalam bisnis ini cukup Rp 7 jutaan saja, namun jika memiliki mesin cuci, kamu hanya perlu membeli sabun.

2. Cuci mobil dan motor
Bisnis cuci mobil dan motor menjadi usaha yang tidak pernah sepi. Bahkan orang rela antri hingga berjam-jam hanya untuk mencuci mobil. Ketika membuka bisnis ini, kamu harus menjaga kualitas serta menyesuaikan harga.

Selain itu modal yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis ini juga terjangkau. Jika masih pemula, kamu bisa mencoba usaha cuci motor dahulu.

3. Desain grafis
Desain grafis menjadi ide peluang usaha sampingan 2022 yang memiliki kemampuan mendesain. Kamu bisa mendesain di sela-sela pekerjaan utama. Kemudian kamu juga bisa menawarkan kemampuan ini di rekan usaha yang kamu kenal atau dari beberapa marketplace.

4. Les privat
Jasa les privat sekarang ini banyak ditawarkan oleh mahasiswa agar bisa menambah penghasilan. Awalnya, kamu bisa datang dari rumah ke rumah serta mendatangi murid, tetapi jika sudah banyak murid, kamu bisa membuka tempat les sendiri.

Usaha sampingan ini memerlukan modal yang kecil, bila kamu mendatangi murid, kamu hanya memerlukan biaya transportasi dan alat tulis. Modal yang dibutuhkan kurang dari Rp 1 juta.

5. Penerjemah
Jika kamu ahli dalam berbahasa asing, kamu bisa menawarkan jasa penerjemah. Penerjemah pemula biasanya memiliki hasil yang cukup lumayan kurang lebih Rp 50 per kata. Jika kamu berhasil menerjemahkan 1000 kata, kamu bisa mengantongi uang Rp 50 ribuan.

Ide Peluang Bisnis 2022 Lainnya


  1. Usaha Katering Sehat
  2. Membuat Kue
  3. Jualan Minuman Kesehatan
  4. Usaha Pertanian Organik
  5. Supplier Bahan Makanan Segar
  6. Usaha Air Minum Galon dan LPG
  7. Bisnis Frozen Food
  8. Personal Trainer atau Pelatih Olahraga Secara Virtual
  9. Jasa Kursus Online
  10. Bisnis Reseller
  11. Jualan Aksesoris Handphone
  12. Berjualan Produk Fashion
  13. Jualan Barang Bekas atau Preloved Secara Online
  14. Usaha Laundry
  15. Berjualan Produk Kecantikan
  16. Jasa Pengelola Sosial Media atau Social Media Management
  17. Penulis Konten Online atau Content Writer
  18. Usaha Kerajinan Tangan
  19. Jual-beli Barang Antik
  20. Rental Mobil
  21. Usaha Potong Rambut
  22. Bisnis Cuci Sepatu
  23. Jual-beli hingga Sewa Mainan Anak
  24. Jasa Cuci Motor dan Mobil

Jiwa pengusaha harus ditumbuhkan dari sekarang, meskipun memiliki pekerjaan utama atau kegiatan utama, bukan berarti kamu tidak bisa menjadi pengusaha. Jalankan ide peluang usaha sampingan 2022 dan lakukan yang terbaik.
  • 👈 SHARE: Peluang Usaha Sampingan di Tahun 2022 Bermodal Kecil Tapi Menjanjikan

Terkini

Topik Populer

Iklan