-->

Iklan

terkini

Ide Usaha Modal Kecil Makanan Ringan untuk Pemula

JNJ Indonesia
9/05/21, 15:26 WIB Last Updated 2022-06-06T01:00:01Z
Ide Usaha Modal Kecil

JNJIndonesia.com - Ide usaha modal kecil seperti makanan ringan menjadi salah satu bisnis dengan skala rumahan dengan peluang begitu bagus, untuk sekarang ini maupun untuk masa yang mendatang.



Perlu diketahui, permintaan pasar untuk makanan ringan dengan terus menerus mengalir. Tentu saja melihat besarnya penikmat makanan ringan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan sampai orang tua, sayang rasanya jika tidak mencobanya.


Tidak heran, bila pelaku bisnis seperti makanan ringan sering kebanjiran pelanggan. Ditambah, kita melihat berbagai macam jenis makanan ringan yang ada di Indonesia seperti dimsum, keripik, gorengan dan lainnya.


Jika ingin mencoba gurihnya bisnis makanan ringan, kamu bisa membuat sejumlah survei serta analisa pasar sehingga bisa mengetahui apa saja camilan yang bisa dijadikan sebagai pilihan usaha.


Alasan Harus Memilih Ide Usaha Modal Kecil Makanan Ringan

Meskipun terkesan sepele dan bisnis kecil-kecilan, namun ada berbagai macam alasan yang membuat mengapa kamu harus memilih ide usaha makanan ringan ini, seperti:


1. Pasar yang terbuka lebar

Potensi pasar yang dimiliki bisnis kuliner ini sangat besar dan terbuka secara terus menerus. Makanan menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh manusia.


Setiap harinya, pasti ada orang yang mengkonsumsi atau menghabiskan makanan. Bahkan untuk camilan sekalipun. Meskipun tidak menjadi makanan utama, namun di jam-jam tertentu, camilan ini menjadi makanan yang memiliki banyak penggemar.


Dengan adanya konsumsi yang berulang, tentu saja potensi pasar yang dimiliki dari bisnis ini juga besar sehingga permintaan yang luar biasa tercipta.


2. Menjadi bisnis yang fleksibel

Dibandingkan dengan ide usaha modal kecil lainnya, bisnis makanan ringan menjadi salah satu usaha yang fleksibel. Bisnis kuliner bisa dimulai modal yang sangat sedikit.


Kamu bisa menyesuaikan jumlah makanan yang diproduksi sesuai dengan jumlah modal yang kamu miliki serta peralatan sesuai dengan yang kamu miliki sekarang. Oleh sebab itu bisnis kuliner seperti camilan bisa menjadi pilihan tepat saat ingin memulai usaha.


3. Menjadi usaha yang praktis

Harus diketahui, usaha camilan menjadi salah satu usaha yang praktis sekaligus mudah. Mudah disebabkan karena ketika membuat sampai mengemasnya, semua bisa melakukannya.


Bahkan, jika kamu tidak bisa memasak, kamu tetap bisa membuka bisnis ini. caranya dengan membeli makanan setengah jadi, kemudian memasak ulang kembali.


Contohnya kamu ingin membuka bisnis dimsum, namun tidak bisa membuat adonannya, kamu bisa membeli adonan kemudian membentuknya dan menjualnya sendiri.


4. Risiko yang dimiliki relatif rendah

Usaha makanan ringan mempunyai risiko sangat rendah. Camilan bisa dikonsumsi sendiri bila tidak laku. Selain itu besar atau kecilnya risiko dari bisnis ini bergantung dari jenis makanan apa yang kamu jual.


Kunci Sukses Ide Usaha Modal Kecil Makanan Ringan

Ide usaha makanan ringan membutuhkan ketekunan serta manajemen yang baik. banyak pengusaha yang sukses membuka makanan ringan adalah pengusaha yang telah lama berjualan serta mempunyai pelanggan yang tetap.


Apalagi, makanan ringan yang mereka pasarkan merupakan makanan ringan inovatif serta kreatif. Selain itu ada berbagai macam hal yang mempengaruhi sukses tidaknya bisnis makanan ringan yang kamu geluti, seperti:


1. Kualitas makanan harus bagus

Ketika ingin menjual makanan ringan, kamu harus memastikan jika makanan tersebut mempunyai kualitas yang bagus entah dari segi bahan yang digunakan, pengolahan serta pengemasan.


Bahan yang digunakan untuk membuat makanan harus menggunakan bahan yang higienis serta tidak memiliki kandungan zat berbahaya. Bahkan, cara pengolahan makanan juga harus sesuai dengan aturan seperti menggoreng camilan menggunakan minyak berkualitas.


Untuk makanan yang digoreng, kamu harus mengemasnya dengan menarik dan baik. sehingga pembeli menjadi tertarik ketika melihat kemasan makanan ringan yang kamu jual.


2. Melakukan inovasi produk serta memperhatikan pemasaran

Bisnis makanan ringan merupakan salah satu usaha yang harus dibarengi dengan inovasi tinggi. Hal ini dilakukan agar dapat menciptakan makanan ringan berbeda dan produk mudah dicari.


Sebenarnya, kamu bisa menjual produk yang sudah dijual di pasaran, namun dengan catatan, makanan tersebut harus memiliki inovasi sehingga berbeda dengan produk yang sekarang ini sudah beredar.


3. Pemasaran harus cocok dengan segmen pasar

Kamu sudah memiliki ide usaha modal kecil jenis makanan ringan yang baik, namun jika pemasaran yang dilakukan tidak sesuai dengan segmen pasar, tentu akan percuma saja.


Oleh sebab itu, lakukan strategi penjualan yang bagus sehingga bisa mempengaruhi perkembangan usaha kedepannya. Sebagai pemula bisnis, kamu harus bisa membangun strategi penjualan yang sangat tepat.


Pilihan Ide Usaha Modal Kecil Makanan Ringan

Ada berbagai macam jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai pilihan entah makanan modern maupun makanan tradisional. Berikut beberapa pilihan makanan ringan yang bisa kamu ambil:


1. Kebab

Kebab adalah makanan ringan dari Turki yang sangat disukai oleh seluruh kalangan. Anak-anak hingga orang tua sangat menyukai makanan ringan ini. biasanya, orang-orang akan membeli kebab di sore hari atau malam hari untuk camilan.


2. Dimsum

Ide usaha modal kecil lainnya adalah berjualan dimsum. Sekarang ini dimsum bukan hanya disajikan di restoran atau rumah makan ala Korea, namun kamu bisa menjual dimsum di pinggir jalan.


Pecinta dimsum ini begitu banyak. Ada berbagai macam isian dimsum yang bisa kamu jadikan pilihan seperti ayam, daging, udang dan lainnya. dimsum juga bisa dijual langsung atau dengan bentuk frozen.


3. Keripik

Keripik menjadi Ide usaha modal kecil yang menjanjikan karena peminat dari bisnis ini begitu banyak. Sayangnya tidak banyak penjual yang menjual keripik. Kamu bisa memilih berbagai macam jenis keripik seperti pisang, kentang dan lainnya.


4. Singkong keju

Singkong keju menjadi usaha yang cukup jarang ditemukan, namun bukan berarti peminat yang dimiliki makanan ini sedikit. pelanggan yang tertarik dengan singkong keju begitu banyak serta bisa dijadikan sebagai ladang bisnis menggiurkan.


5. Gorengan

Gorengan menjadi makanan ringan yang tidak pernah sepi peminat, bahkan gorengan diminati banyak orang. Ada berbagai macam jenis gorengan yang bisa kamu jual seperti risoles, pisang goreng dan lainnya.


Jangan Pernah Takut Mencoba Ide Usaha Modal Kecil Makanan Ringan

Ide usaha makanan ringan menjadi pilihan yang terbaik, meskipun sedang berada di masa pandemi seperti sekarang ini. Perlu diketahui jika apapun bisnis yang saat ini kamu pilih, pasti akan ada tantangan di dalamnya.


Jika takut mencoba, tentu tidak akan ada kemajuan sama sekali dalam bisnis yang kamu kembangkan. Tidak sedikit pelaku usaha yang menggeluti bidang kuliner hingga akhirnya sukses, padahal awalnya tidak mempunyai keterampilan khusus.


Bahkan, tidak sedikit pengusaha kuliner yang awalnya tidak mempunyai latar belakang di dunia kuliner, tetapi mereka dengan nekat terjun dalam dunia bisnis ini karena melihat empuknya bisnis kuliner.


Jadi, mau sampai kapan kamu hanya menjadi penonton. Dengan modal yang kecil, kamu bisa memilih salah satu dari berbagai macam ide usaha modal kecil di atas, pilih yang paling disukai dengan peluang besar.

  • 👈 SHARE: Ide Usaha Modal Kecil Makanan Ringan untuk Pemula

Terkini

Topik Populer

Iklan