-->

Iklan

terkini

Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil Untung Gede

JNJ Indonesia
9/05/21, 21:10 WIB Last Updated 2021-09-05T14:10:23Z
Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Sebenarnya ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil namun untung besar ada banyak sekali. Salah satu usaha yang sekarang ini cukup laris manis diburu adalah frozen food. Nah, apabila sedang mencari ide bisnis sampingan ibu rumah tangga modal kecil namun dengan hasil menjanjikan silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Usaha frozen food atau makanan beku ini bukan hanya bisa dijalankan oleh merek yang memiliki background pengusaha. Namun kalangan ibu rumah tangga juga bisa mencoba ide bisnis ini karena hanya memerlukan modal kecil namun untung besar. Meskipun sebagai usaha sampingan, tentu kamu harus tetap menjalankannya dengan baik.

Alasan Ibu Rumah Tangga Harus Memiliki Usaha Sampingan


Ada berbagai macam alasan mengapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga harus dijalankan. Berikut berbagai alasan tersebut, antara lain:

1. Mengasah skill dan potensi
Ibu rumah tangga menjadi kalangan yang sudah membuktikan semua skill yang dimilikinya selama memasak, mendidik anak, merawat anak, mencuci hingga membersihkan rumah. Sehingga berbisnis sampingan bisa meningkatkan skill tersebut.

Contohnya saja skill agar lebih jeli mengatur keuangan. Bila biasanya ibu rumah tangga hanya mengatur pengeluaran serta tabungan bulanan, ketika memulai usaha sampingan ini, ibu rumah tangga juga harus menghandle potensi yang dimiliki.

2. Membuat kondisi finansial keluarga menjadi lebih stabil
Kondisi perekonomian keluarga bisa menjadi semakin stabil karena terdapat 2 orang yang memiliki sumber penghasilan yakni ayah serta ibu. Pada dasarnya, ayah memang bisa memenuhi seluruh kebutuhan.

Namun jika menjalankan ide bisnis sampingan ibu rumah tangga dengan modal kecil, penghasilan menjadi semakin baik, mengapa tidak dijalankan. Apalagi usaha sampingan ini bisa memaksimalkan tabungan dan deposito untuk masa pensiun.

3. Produktivitas menjadi semakin meningkat
Banyak akses media sosial serta page yang tidak bermanfaat. Tidak sedikit ibu rumah tangga memilih bercengrama di dunia mata dibandingkan dengan mengasuh anak atau menyelesaikan pekerjaan rumah.

Sudah pasti hal ini bisa mengganggu harmonisnya hubungan rumah tangga bahkan kondisi psikologis anak. Namun dengan menjalankan bisnis, waktu yang digunakan untuk bercengkrama di dunia maya menjadi semakin produktif.

4. Kesejahteraan keluarga semakin terjamin
Dengan usaha sampingan yang dilakukan ibu rumah tangga, kesejahteraan keluarga menjadi semakin terjamin, sekarang ini tidak sedikit keluarga dengan tingkat kesejahteraan yang rendah.

Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Frozen Food


Jika ingin menjalankan usaha frozen food, kamu harus memilih jenis frozen food yang akan dijual. Berikut berbagai macam jenis frozen food yang bisa kamu jadikan sebagai opsi, antara lain:

1. Frozen food camilan
Frozen food camilan ini ada begitu banyak mulai dari sosis untuk camilan, roti camilan, tempura dan yang lainnya. Frozen food berjenis camilan biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya.

Peminat frozen food camilan ini juga sangat banyak, bukan hanya anak-anak, namun orang dewasa terkadang membelinya sebagai camilan ketika sore hari setelah pulang kantor.

2. Frozen food bahan setengah jadi
Frozen food bahan setengah jadi ini seperti bahan makanan yang harus diolah kembali namun hanya perlu dipanaskan contohnya saja seperti frozen food pangsit, frozen food lumpia serta frozen food kebab.

Harga frozen food bahan setengah jadi ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan camilan kecil. Meskipun demikian, peminat dari frozen food jenis ini sangat banyak karena tingkat kepraktisan yang dimilikinya.

3. Frozen food tanpa pengawet
Ide usaha sampingan ibu rumah tangga frozen food tanpa pengawet ini sangat cocok dipilih, meskipun masyarakat menyukai makanan yang instant, tetapi faktor kesehatan tetap tidak dilupakan.

Kamu bisa menawarkan produk frozen food tanpa memiliki kandungan MSG atau pengawet. Produk yang tidak memiliki kandungan penguat rasa serta pengawet disukai oleh ibu-ibu yang ingin memberi makanan sehat untuk buah hatinya.

4. Bumbu dapur
Selain berbagai macam pilihan makanan frozen food di atas, bumbu dapur juga menjadi frozen food yang bisa kamu jual. Peminat frozen food bumbu dapur ini sangat banyak, apalagi untuk ibu-ibu yang tidak dingin ribet ketika memasak.

Langkah Memulai Bisnis Frozen Food untuk Ibu Rumah Tangga


Tidak ada kata telat ketika ingin memulai ide usaha sampingan ibu rumah tangga seperti frozen food, bahkan untuk ibu rumah tangga sekalipun. Bisnis ini mudah dijalankan dan kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengelolanya.

Berikut langkah untuk memulai bisnis frozen food, antara lain:

1. Tentukan jenis yang ingin kamu jual
frozen food memiliki berbagai macam jenis. Sebelum kamu menjualnya, lebih baik tentukan salah satu jenis frozen food yang akan kamu jual. Tentu saja tujuannya agar kamu bisa fokus berjualan serta mengembangkan bisnis ini.

2. Pilih produsen yang terpercaya
Jika kamu memilih frozen food siap santap, kamu harus menyiapkan frozen food ini sendiri di rumah serta harus menyiapkan kemasan yang tidak mudah bocor. Karena makanan ini diolah sendiri, pastikan kamu mengolahnya dengan baik.

Ide usaha sampingan ibu rumah tangga ini akan berjalan dengan lancar jika kamu bisa memilih produsen bahan dengan tepat. Namun jika tidak ingin ribet, kamu bisa membeli frozen food pada agen kemudian menjualnya kembali.

3. Perhatikan kadaluarsa semua produk
Makanan beku bisa disimpan dalam kulkas dengan waktu lama, namun setiap produk biasanya memiliki masa kadaluarsa sendiri. Bila dikonsumsi setelah tanggal yang berlaku tentu bisa menimbulkan efek samping.

4. Sediakan freezer
Sebelum memulai usaha frozen food ini, kamu harus menyediakan freezer atau kulkas yang digunakan untuk menyetok produk. Jika hanya mengandalkan kulkas biasa, tentu tidak cukup, oleh sebab itu sediakan freezer khusus.

Tips Menjalankan Bisnis Frozen Food untuk Ibu Rumah Tangga


Ide usaha sampingan ibu rumah tangga bisnis frozen food ini memang menggiurkan. Namun, meskipun demikian, kamu harus serius dalam menjalankannya. Berikut tips menjalankan usaha frozen food, antara lain:

1. Tentukan perencanaan dengan baik
Perencanaan menjadi sebuah tahap yang sangat penting ketika ingin melakukan pembangunan usaha dari nol. Perencanaan ini bahkan bisa membuat usahamu menjadi memiliki jalan yang tepat.

Perencanaan harus dilakukan dengan terperinci, sehingga semua instruksi yang akan dijalankan selama melakukan usaha makanan beku ini bisa berjalan dengan baik. perencanaan ini seperti kualitas bahan, metode pemasaran hingga merek.

2. Kalkulasi jumlah modal yang diperlukan
Menjalankan bisnis tanpa modal tentu saja menjadi hal yang mustahil. Modal dalam ide usaha sampingan ibu rumah tangga ini dibutuhkan untuk membayar gaji karyawan, membeli kulkas untuk menaruh frozen food dan lainnya.

Meskipun menjadi bisnis sampingan, modal ketika ingin membuka usaha frozen food berada di angka 5 hingga 7 jutaan. Catat apa saja modal yang diperlukan, kemudian bandingkan dengan total penjualan. Pastikan kamu memperoleh keuntungan dari bisnis ini.

3. Tentukan pemasok bahan dan pangsa pasar
frozen food sangat cocok untuk semua kalangan. Tetapi jika sudah diolah, tentu saja pasarannya akan berbeda. Oleh sebab itu sebelum menjalankan bisnis ini, pastikan pilih dengan baik seperti apa frozen food yang ingin kamu jual.

Jika kamu melirik pasar anak-anak, kamu bisa memilih frozen food yang bebas micin, frozen food camilan dengan bentuk yang beraneka ragam.

4. Pastikan promosi dilakukan dengan tepat
Sebagai penjual, tentu saja kamu ingin penjualan terus menerus mengalami peningkatan bukan, jika demikian gunakan metode promosi paling tepat. Hindari menggunakan metode dari mulut ke mulut karena kurang tepat saat ini.

Perkembangan dari bisnis frozen food ini memiliki perkembangan yang sangat signifikan. Meskipun menjadi salah satu pilihan ide usaha sampingan ibu rumah tangga, namun kamu harus tetap menjalankan bisnis ini dengan maksimal.
  • 👈 SHARE: Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil Untung Gede

Terkini

Topik Populer

Iklan