-->

Iklan

terkini

Bisnis Properti, Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Tapi Untung Besar

JNJ Indonesia
9/07/21, 18:35 WIB Last Updated 2021-09-07T11:35:41Z


Lagi mencari ide usaha sampingan modal kecil tapi untung besar? Ini dia jawabannya. Salah satu usaha sampingan yang akan memberikan keuntungan besar adalah bisnis properti. Bisnis properti merupakan usaha jual beli ataupun sewa tanah, dan bangunan yang memberikan pelakunya keuntungan besar.

Siapa saja tentu bisa menjalankan bisnis ini, bahkan ibu rumah tangga, dan karyawan kantor dengan waktu padat bisa menjalankan bisnis ini. Ketika mendengar bisnis properti, pasti kamu akan langsung membayangkan modal yang besar.

Padahal, sekarang ini tidak sedikit peluang bisnis properti dengan keuntungan besar namun modal yang dibutuhkan kecil, bahkan bisa dengan dana awal 0 rupiah saja. Jika demikian, bagaimana cara menjalankan bisnis ini? Yuk simak lebih lanjut pembahasan seputar ide usaha modal kecil namun dengan untung besar.

Jenis Bisnis Properti yang Bisa Dijalankan


Ada berbagai macam jenis bisnis properti yang bisa kamu jalankan sebagai ide usaha sampingan modal kecil. Berikut berbagai macam jenis bisnis properti yang bisa kamu coba:

1. Menjadi developer
Menjadi seorang developer profesional tidak membutuhkan modal besar. seorang developer nantinya akan membangun sejumlah properti kemudian menjualnya pada para peminat.

Dari sini, kamu mungkin akan terlihat harus memiliki modal besar. memang, kamu membutuhkan modal untuk menjadi developer, namun jika tidak memiliki modal tersebut ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan.

Kamu bisa melakukan kerjasama dengan pemilik lahan, sehingga kamu tidak perlu membeli tanah, namun melakukan perjanjian kerjasama. Selain itu kamu bisa mencari investor yang bisa membiayai pembangunan properti.

2. Menjadi flipper
Ide usaha sampingan modal kecil pada bisnis properti yang lainnya ialah menjadi flipper. Menjadi flipper ialah, kamu membeli sebuah properti dan menjualnya pada orang lain.

Bagaimana jika tanpa modal, jika tanpa modal kamu harus melakukan perjanjian pembayaran dengan pemilik properti sehingga kamu bisa melakukan pembayaran sesudah properti laku terjual, serta dengan tempo pembayaran tertentu.

Jika properti sudah laku terjual, kamu bisa membayar properti pada pemilik awal sesuai dengan jumlah dan perjanjian yang sudah dilakukan. Dari sini, kamu akan memperoleh sejumlah keuntungan.

Contohnya saja properti tersebut memiliki harga Rp 1 milyar, namun kamu berhasil menjualnya dengan harga Rp 1.1 milyar, makan uang Rp 100 juta menjadi keuntunganmu.

3. Menjadi broker
Menjadi broker juga sangat simpel serta tanpa modal, ketika menjalankan bisnis ini, kamu hanya perlu bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli, kemudian menetapkan sejumlah keuntungan dari jasa tersebut.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Properti Sebagai Usaha Sampingan


Ide usaha sampingan modal kecil seperti bisnis properti harus menjadi pertimbangan. Salah satu keuntungan dari bisnis ini yang paling populer ialah cuan besar bahkan dengan jumlah berkali-kali lipat. Namun selain itu, kamu juga memperoleh keuntungan lain, seperti:

1. Mendapatkan passive income
Passive income atau yang sering disebut dengan pendapatan pasif merupakan penghasilan yang berasal dari kegiatan ekonomi, namun pelakunya tidak memiliki andil aktif.

Ini keuntungan bisnis properti yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa menjalankan pekerjaan utamamu, namun uang dari bisnis akan tetap mengalir. Lantas, dari mana uang tersebut, uang ini berasal dari gedung maupun bangunan yang kamu sewakan.

2. Massive income
Selain memperoleh pasif income, kamu juga akan memperoleh massive income. Massive incom ini diperoleh ketika menjalankan usaha properti. Harga jual tanah atau gedung tentu memiliki jumlah yang besar, inilah yang disebut dengan massive income.

Besarnya fee yang kamu terima cukup besar, yakni 3% dari harga jual. Bayangkan saja jika kamu berhasil menjualkan rumah dengan harga Rp 1 milyar, berapa uang yang nantinya kamu peroleh.

3. Harga jual terus menerus naik
Ide usaha sampingan modal kecil satu ini memang memberikan peluang cuan yang besar. bagaimana tidak, setiap tahunnya harga tanah terus menerus mengalami kenaikan. Bahkan ini sudah menjadi rahasia umum.

Tanah bahkan sering disebut mempunyai umur abadi karena mempunyai harga jual yang terus bagus. Lebih-lebih jika lokasinya sangat strategis seperti berada di pinggir jalan raya atau bangunan besar seperti pertokoan kota.

4. Tidak terpengaruh pada inflasi
Pebisnis biasanya memiliki musuh utama yakni inflasi, namun ketika menjalankan usaha ini, sepertinya kamu tidak perlu khawatir karena bisnis ini sama sekali tidak dipengaruhi oleh inflasi.

Cara Memulai Bisnis Properti, Ide Usaha Sampingan Modal Kecil


Bisnis properti tidak harus bermodalkan uang yang besar, karena bisnis ini nyatanya bisa dijalankan dengan tanpa modal. Hal yang paling utama ketika memulai bisnis ini ialah keterampilan bicara.

Sejak dulu, kamu sudah dibekali dengan kemampuan bicara, sehingga ini bukan menjadi sebuah masalah. Berikut cara untuk memulai bisnis properti tanpa modal sebagai usaha sampingan:

1. Mulai dari 0
Sebenarnya, ketika memulai bisnis dari 0, kamu bisa memiliki keahlian yang jauh lebih banyak jika dibandingkan memulai bisnis dari tengah atau meneruskan bisnis.

Nantinya, setiap terjadi kegagalan, kamu akan mencoba menyelesaikannya sendiri, selain itu kamu juga memiliki kepuasan batin. Untuk memulai dari 0, kamu harus mempelajari bisnis properti lebih dalam dahulu.

2. Rajin melihat iklan
Sebagai sebuah ide usaha sampingan modal kecil, gigih menjadi upaya yang paling besar. salah satu bentuknya adalah rajin melihat iklan. Kamu bisa melihat iklan setiap pagi atau setiap pulang kantor.

Kamu bisa ikut memasarkan properti yang dijual pada kerabat maupun orang yang membutuhkan. Cukup dengan memasang iklan dengan harga yang sedikit lebih tinggi sebagai hitungan keuntungan.

3. Cari calon penjual
Untuk mencari properti yang ingin kamu jual. Kamu bisa mengunjungi pameran properti atau lokasi perumahan yang ada di dekat daerahmu.

Lokasi akan menentukan minat, oleh sebab itu gali informasi yang lengkap sehingga calon pembeli mendapatkan gambarannya.

4. Tawarkan sejumlah kerjasama
Ketika kamu menemukan penjual atau perumahan, kamu bisa menawarkan sejumlah kerjasama. Kerjasama yang tertulis tentu harus jelas seperti apa saja hal dan kewajiban yang harus dipenuhi.

Contohnya, ketika properti tersebut sudah laku terjual dan dilakukan pembayaran, dalam waktu kurang dari 7 hari kerja, uang harus masuk dalam rekeningmu.

5. Buat merek usaha
Meskipun ide usaha sampingan modal kecil ini terkesan sederhana, namun kamu juga tetap harus membuat merek usaha. merek usaha ini akan membuat usahamu menjadi terlihat lebih profesional dibandingkan dengan yang lain.

Para calon pembeli serta penjual yang melakukan kerjasama juga merasa lebih yakin dengan bekerjasama denganmu. Mendaftarkan merek usaha memang memerlukan biaya, namun keuntungannya akan jauh lebih besar.

6. Iklankan menggunakan media internet
Usahakan selalu gencar mengiklankan bisnis di internet, sehingga cakupan pasar yang kamu dapatkan bisa menjadi semakin luas. Jangan hanya mengandalkan iklan dari mulut ke mulut saja.

7. Sisihkan keuntungan untuk memperluas bisnis
Sejumlah keuntungan yang kamu peroleh harus disisihkan untuk memperluas jaringan bisnis. Selain itu kamu juga harus menyisihkannya untuk bersedekah agar selalu dimudahkan oleh Tuhan.

Berbagai macam metode bisnis di atas bisa kamu mulai tanpa perlu memerlukan modal yang besar. modal utama dalam ide usaha sampingan modal kecil ini adalah kemauan, jadi pupuk kemauanmu dengan baik.
  • 👈 SHARE: Bisnis Properti, Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Tapi Untung Besar

Terkini

Topik Populer

Iklan