-->

Iklan

terkini

Pilihan Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

JNJ Indonesia
9/08/21, 08:07 WIB Last Updated 2022-06-02T12:46:54Z
Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang menjanjikan untung besar sebenarnya cukup banyak. Berbagai ide usaha yang tidak ada matinya dan dengan modal kecil bisa dilakukan dirumah oleh ibu rumah tangga ataupun masyarakat pada umumnya. Menjalankan usaha rumahan awalnya kurang menarik perhatian. Padahal, jika melihat potensinya, akan berubah menjadi sangat besar. Bahkan, banyak perusahaan besar di dunia yang berasal dari rumahan.

Namun melalui pengelolaan yang serius. Contohnya Gojek, Tokopedia hingga Bukalapak. Semua diawal dari usaha rumahan. Mudahnya segi operasional yang dapat dilakukan dari rumah membuat bisnis ini memiliki banyak peminat.

Kamu bisa melihat dari berbagai macam forum bisnis, banyak orang yang memulai usaha rumahan dengan peluang keuntungan besar. Dari sini, usaha rumahan menjadi usaha yang sangat menggiurkan dijalankan dari rumah.

Baik secara online, maupun secara offline. Seperti persaingan bisnis profesional, tidak semua bisnis bisa dijalankan dengan sukses. Terkadang karena ingin cepat kaya, kita menjadi tidak sabar.

Tips Menjalankan Usaha Rumahan Modal Kecil


Sebelum memikirkan berbagai macam hal seperti modal dari mana, seperti apa pengelolaannya hingga apakah ada peminat atau tidak, kamu harus mulai menjalankannya terlebih dulu. Ini menjadi kunci utama yang harus kamu pegang. Berikut tips menjalankan usaha rumahan:

1. Ciptakan lingkungan yang baik
Budaya perusahaan adalah nilai tambah tersendiri untuk kelangsungan hidup perusahaan. Kamu bisa mulai membangun budaya perusahaan meskipun masih dimulai dari rumah.

Lingkungan kerja dipengaruhi oleh infrastruktur pendukung serta perilaku karyawan. Kamu bisa memulai dengan membuat ruangan kantor dengan nyaman, sebagai usaha baru, ruangan tersebut tidak perlu mewah namun nyaman.

2. Kelola dengan profesional
Banyak usaha rumahan modal kecil yang tidak berkembang karena pengaturan cash flow kurang bagus. Pengelolaan tidak jelas bila uang pribadi dan dana usaha tidak dipisahkan.

Biasanya, kita akan bernafsu untuk mengambil hutang karena ingin mengembangkan usaha, namun nyatanya pengambilan hutang tersebut digunakan untuk memenuhi keinginan pribadi.

Ketika mengelola keuangan, hal penting yang harus diperhatikan adalah mencatat transaksi masuk dan keluar barang serta membuat catatan pemasukan yang baik dan tertib. Catatan ini disebut dengan nama laba rugi, laporan arus kas dan neraca.

3. Bentuk tim yang solid
Usaha dari rumah biasanya mempunyai begitu banyak godaan seperti naik turun penjualan, ingin cepat besar dan frustasi hanya karena usaha tidak kunjung mengalami pertumbuhan.

Untuk mengatasinya, kamu harus membentuk tim yang solid. Tanpa memiliki tim yang kuat, kamu hanya akan bekerja sendiri dan bisa membuat putus asa.

Bentuk tim yang memiliki kemampuan berbeda serta saling melengkapi, seluruh anggota tim juga harus seirama sehingga bisa menghindari adanya perpecahan.

Penyebab Kegagalan Usaha Rumahan Modal Kecil


Ada beberapa penyebab yang menjadi penyebab gagalnya usaha rumahan. Berikut berbagai macam penyebab kegagalan yang harus kamu cermati:

1. Tidak memperhatikan produk
Nantinya, produk menjadi barang yang akan dibeli oleh konsumen, sehingga wujud produk haruslah baik dan berkualitas.

Sayangnya tidak banyak orang yang memperhatikan masalah produk dan menjual produk secara asal hanya karena menganggap semua produk yang ditawarkan ke pasar pasti akan laku terjual.

2. Memiliki mindset bekerja di rumah
Kamu sekarang ini memang bekerja dari rumah, namun bukan berarti kamu bekerja di rumah dan bersantai. Banyak pelaku usaha rumahan yang terlalu santai karena mereka melakukan bisnis tersebut dari rumah.

Bahkan, usahanya tidak terlihat profesional. Kamu harus menekankan pada semua anggota tim jika mereka bukan bekerja di rumah, namun mereka tetap bekerja di kantor namun dalam bentuk rumah.

3. Terlalu meremehkan branding
Branding atau merek merupakan nyawa untuk sebuah produk yang akan ditawarkan. Branding adalah hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin menyampaikan pesan promosi untuk pelanggan.

Menbangun kepercayaan serta kredibilitas juga akan dilakukan branding. Hindari meremehkan branding karena banyak kegagalan usaha rumahan karena tidak memiliki branding yang jelas.

4. Tidak membuat skala prioritas
Ketika awal mencoba usaha rumahan modal kecil, aktivitas dan waktumu akan banyak digunakan untuk mengenalkan serta memasarkan produk. Dengan perkembangan usaha, produk akan dikenal masyarakat dengan penjualan yang meningkat.

Biasanya, masalah kan muncul ketika kamu kewalahan menerima pesanan. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu harus membuat urutan skala prioritas yang tepat.

5. Tidak hati-hati saat merekrut karyawan
Karyawan merupakan sebuah aset perusahaan yang berharga. Proses perekrutan dimulai dari membuat iklan lowongan. Banyak perusahaan yang membuat lowongan tapi tidak menampilkan job desk yang akan dilakukan.

Hal ini bisa membuat calon karyawan menjadi ragu dan enggan melamar. Oleh sebab itu ketika sedang mencari karyawan, usahakan menampilkan job desknya dengan jelas.

Pilihan Usaha Rumahan Modal Kecil Kekinian


Ada berbagai macam usaha rumahan yang bisa kamu jadikan sebagai peluang. Menariknya lagi, bisnis ini juga terkesan kekinian dan bahkan menjadi sebuah trend. Berikut berbagai pilihan usaha rumahan yang bisa kamu coba:

1. Usaha katering
Jika kamu gemar memasak, kamu bisa menjadikannya sebagai ladang uang, apalagi jika bukan membuka usaha katering. Usaha katering memiliki pasar yang beragam. Anak-anak sampai pekerja kantoran bisa menjadi pasarmu.

Di awal, kamu bisa memulai bisnis ini secara kecil-kecilan, jika sudah semakin terkenal, kamu bisa membuka usaha yang lebih besar. namun pastikan kembali jika cita rasa makanan yang kamu buat memiliki rasa yang enak.

2. Fotocopy
Bila kamu tinggal di daerah yang tidak jauh dari sekolah dan kampus, usaha rumahan modal kecil yang menarik dijalankan adalah jasa fotocopy. Apalagi jika di sekelilingmu tidak ada pesaing, tentu saja usaha ini akan sangat ramai nantinya.

Untuk membantu menjalankan usahamu, kamu bisa merekrut 1 atau 2 karyawan. Kamu juga bisa membuka jasa print sembari membuka jasa fotocopy.

3. Makanan frozen
Beberapa waktu belakangan ini, frozen food sedang menjadi trend, hal ini disebabkan karena frozen food memiliki rasa yang lezat namun cepat jadi. Bisnis ini cocok dijalankan olehmu.

Ada berbagai macam bentuk frozen food yang bisa kamu jual seperti donat, buah-buahan hingga lauk. Pilih jenis frozen food yang memiliki banyak penggemar.

4. Dropshipper
Jika ingin membuka bisnis namun tidak memiliki banyak modal, dropshipper menjadi bisnis menjanjikan yang bisa kamu coba.

Kamu cukup menentukan barang yang ingin dijual kemudian cari supplier yang memberi penawaran harga murah. bayangkan, berapa besaran keuntungan dari bisnis ini.

5. Usaha menjahit
Usaha rumahan modal kecil lainnya adalah menjahit. menjahit seperti kelihatan sangat sepele, namun siapa yang menyangka jika usaha ini sangat menjanjikan. Pangsa pasar dari usaha menjahit sangat luas. Untuk menjalankan usaha ini, kamu membutuhkan skill.

6. Menjual sayur dan buah organik
Sekarang ini masyarakat sangat memperhatikan kesehatan. Salah satu bentuknya adalah dengan memilih sayur serta buah organik. Sayur dan buah organik ini memang memiliki harga cukup mahal, namun pangsa pasarnya masih terbuka luas.

Ide Usaha Rumahan Lainnya Yang Menjanjikan Untung Besar


  1. Penjahit
  2. Katering
  3. Jasa Cuci Kendaraan
  4. Laundry
  5. Jasa Pembukuan UMKM
  6. Jasa Penitipan
  7. Produksi Snack
  8. Budidaya Ikan Hias
  9. Jasa Potong Rambut
  10. Service Handphone
  11. Toko Kelontong
  12. Salon
  13. Warung jamu
  14. Warung makan
  15. Kerajinan tangan
  16. Jual tanaman hias
  17. Pertamini depan rumah

Agar usaha bisa berjalan dengan lancar dan sukses, kamu harus sabar ketika memulainya, selain itu kamu juga harus melakukannya dengan sungguh-sungguh. Kesungguhan ini nantinya yang akan membawamu sukses menjalankan usaha rumahan modal kecil.
  • 👈 SHARE: Pilihan Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Terkini

Topik Populer

Iklan