-->

Iklan

terkini

10 Tips dan Cara Menambah Berat Badan yang Alami dan Cepat

JNJ Indonesia
6/02/22, 12:26 WIB Last Updated 2022-06-09T03:41:38Z
Tips dan Cara Menambah Berat Badan yang Alami dan Menyehatkan

JNJIndonesia.com - Tidak perlu pusing memikirkan cara menambah berat badan dengan cepat secara alami. Sebab kamu bisa melakukannya dengan cara menaikan berat badan dengan cepat secara alami yang akan dibahas kali ini. Sehingga dalam proses menambah berat badan tidak akan memberi dampak buruk untuk tubuh.



Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan ideal. Salah satu faktor penilaian tubuh sehat adalah berat badan ideal. Karena tubuh yang terlalu kurus bisa memberikan efek berbahaya.


Oleh karena itu banyak pria maupun wanita mencoba berbagai cara meningkatkan berat badan dengan cepat. Tetapi cara menambah berat badan yang dilakukan justru berpotensi mendatangkan penyakit lain seperti obesitas dan diabetes.


Namun sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi akan hal tersebut. Karena kami telah merangkum cara menaikan berat badan dengan cepat agar kamu bisa mendapatkan peningkatan berat badan dengan tetap memiliki tubuh yang sehat.


Bahaya Memiliki Tubuh yang Terlalu Kurus

Sebelum memahami cara menambah berat badan dengan cepat, kami akan menjabarkan terlebih dahulu mengapa kamu memerlukannya. Sehingga hal ini bisa menjadi salah satu motivasi kamu untuk meningkatkan berat badan.


Badan kurus mungkin adalah keinginan sebagian orang. Namun badan yang terlampau kurus ternyata memiliki potensi yang berbahaya. Berikut adalah beberapa potensi berbahaya yang mengintai jika badan kamu terlalu kurus.


1. Kurang Gizi

Kamu tentu sudah memahami bahwa setiap makanan mengandung zat yang bermanfaat untuk tubuh. Zat tersebut, apapun bentuknya, akan tersimpan di dalam tubuh dan memberikan pengaruh pada massa tubuh.


Oleh karena itu, orang dengan tubuh kurus memiliki potensi terkena masalah kurang gizi. Sedangkan kekurangan gizi adalah akar dari banyak masalah kesehatan yang bahkan dapat mengancam jiwa.


2. Kurang Darah

Memahami cara menambah berat badan akan membuat kamu terhindar dari masalah anemia atau kurang darah. Hal ini karena tubuh yang terlalu kurus terindikasi kekurangan zat besi.


Sementara zat besi sendiri adalah bahan yang sangat penting untuk menciptakan sel darah merah (hemoglobin). Ketika mengalami anemia, kamu akan sulit fokus dan cepat merasa lelah ketika mengerjakan sesuatu.


3. Masalah Pada Hati

Hati merupakan organ yang sangat penting di dalam tubuh. Jika kamu memiliki tubuh terlalu kurus, kerja hati akan terlalu berat karena harus memberikan pasokan energi yang lebih banyak dari seharusnya.


4. Demensia

Sebuah penelitian menunjukkan individu dengan bahwa tubuh terlampau kurus memiliki risiko demensia 34 persen lebih tinggi. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan massa tubuh agar bisa terhindar dari penyakit ini.


Cara Menambah Berat Badan dengan Memperbanyak Asupan Kalori

Sebenarnya cara meningkatkan massa tubuh sangatlah sederhana. Kamu hanya perlu mendapatkan kalori yang lebih banyak dibanding kalori terbuang. Sehingga sisa kalori tersebut akan disimpan di dalam tubuh.


Namun tentu kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan. Berikut adalah beberapa makanan yang kami rekomendasikan agar kamu bisa menaikkan berat badan namun tetap sehat.


1. Makanan Kaya Protein

Protein adalah zat yang sangat penting jika kamu ingin menaikkan berat badan. Sebab protein merupakan adalah zat yang paling berkontribusi dalam pembentukan otot di dalam tubuh.


Makanan yang mengandung banyak protein adalah susu, daging, telur, kacang-kacangan dan juga ikan. Pastikan kamu mendapatkan kandungan protein yang cukup agar bisa mendapatkan hasil optimal.


2. Makanan dengan Lemak Sehat

Memakan makanan berlemak memang merupakan cara menambah berat badan secara alami yang cukup efektif. Karena lemak pada makanan dapat dengan cepat menambah massa tubuh kamu sehingga meningkatkan berat badan.


Namun pastikan kamu memilih makanan dengan kandungan lemak sehat agar tidak menimbulkan masalah bagi tubuh. Contoh makanan dengan kandungan lemak sehat adalah ikan, kacang-kacangan, minyak sayur dan juga alpukat.


3. Buah-buahan

Selain kaya akan vitamin, buah-buahan juga dapat membantu kamu untuk menaikan berat badan, lho. Kamu bisa menjadikan buah sebagai hidangan penutup atau membuatnya menjadi smoothies.


Dengan menjadikan smoothies sebagai minuman pengganti soda, kopi ataupun teh juga akan membantu kamu meningkatkan berat badan. Sebab kalori di dalam smoothies lebih banyak jika dibandingkan minuman-minuman tersebut.


Cara Menambah Berat Badan dengan Berolahraga

Banyak orang berpikir bahwa olahraga adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi berat badan. Sebenarnya hal ini tidak salah, namun beberapa olahraga justru dapat membantu kamu meningkatkan berat badan.


Bahkan di dalam dunia binaraga sendiri dikenal dengan istilah bulking yaitu menaikkan berat badan menggunakan massa otot. Berikut ini beberapa olahraga yang bisa membantu kamu meningkatkan berat badan.


1. Berenang

Jika kamu memiliki hobi berenang, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan massa otot. Sebab ketika berenang, seluruh tubuh kamu akan dipaksa untuk bergerak sehingga cepat membentuk otot.


Perlu dipahami bahwa bergerak di dalam air lebih sulit dibanding bergerak biasa. Oleh karena itu berenang bisa lebih cepat membentuk otot jika dibanding olahraga seperti jogging atau berlari.


2. Push Up

Olahraga satu ini merupakan cara meningkatkan berat badan yang pasti sudah kamu pahami. Apalagi kamu bisa melakukan push up di mana saja tanpa perlu peralatan tambahan.


Dengan push up, akan membantu kamu membentuk otot pada bagian lengan dan perut. Sehingga massa otot yang ada di dalam tubuh dapat bertambah dan meningkatkan berat badan secara keseluruhan.


3. Angkat Beban

Jika kamu sering pergi ke gym pasti sudah tidak asing dengan olahraga angkat beban. Olahraga ini memang dipercaya merupakan salah satu cara menaikan berat badan secara alami dengan cepat dalam membentuk massa otot di dalam tubuh.


Selain itu kamu juga bisa menentukan otot mana yang hendak dibentuk menyesuaikan dengan gerakan ketika melakukannya. Mulai dari otot lengan, dada atau otot lain dapat kamu bentuk dengan olahraga ini.


Hindari Faktor Penyebab Berat Badan Susah Naik

Selain melakukan beberapa cara menambah berat badan di atas, ada baiknya kamu juga menghindari beberapa hal ini. Sebab hal-hal berikut bisa menghambat kenaikan berat badan di dalam tubuh.


1. Minum Soda

Kandungan gula dalam soda sangatlah banyak. Hal ini membuat kamu akan cepat kenyang jika sering meminum soda. Namun kandungan nutrisi dalam soda sendiri terlalu sedikit untuk membantu meningkatkan berat badan.


2. Merokok

Banyak orang sepakat bahwa rokok memiliki dampak negatif bagi tubuh. Hal ini akan menghambat usaha kamu dalam menaikan berat badan. Oleh karena itu baiknya kamu hindari merokok.


3. Kecapekan

Meskipun olahraga menjadi salah satu cara menambah berat badan dengan cepat, kamu perlu mengatur tenaga agar tidak kecapekan. Oleh karena itu pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup.


4. Stres

Sudah bukan rahasia lagi jika keadaan psikologi berpengaruh pada kondisi tubuh. Ketika kamu terkena stres, maka berat badan kamu akan rentan mengalami penurunan. Sehingga pastikan kamu bisa menghindari stres.


Kondisi badan yang terlalu kurus tidak baik untuk kamu. Karena kamu bisa mendapat beragam penyakit jika badan terlampau kurus. Pastikan kamu memiliki berat badan ideal agar sehat.


Tidak perlu khawatir jika beberapa cara menaikan berat badan diatas akan memberi penyakit. Karena dengan cara menambah berat badan secara alami di atas, kamu bisa menaikan berat badan namun tetap memiliki tubuh sehat.

  • 👈 SHARE: 10 Tips dan Cara Menambah Berat Badan yang Alami dan Cepat

Terkini

Topik Populer

Iklan