-->

Iklan

terkini

9 Tips Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Secara Alami

JNJ Indonesia
6/07/22, 13:32 WIB Last Updated 2022-06-07T06:32:49Z
Cara Mengatasi Bibir Kering

JNJIndonesia.com - Ada banyak cara mengatasi bibir kering dan pecah pecah secara alami yang sebenarnya mudah dilakukan. Jika ingin hasil optimal, beberapa cara mengobati bibir pecah pecah dan kering yang akan dibahas ini bisa dilakukan secara rutin.



Bibir kering sering membuat beberapa orang kesulitan. Kesulitan ini sebenarnya merupakan hal wajar. Itu karena, bibir kering sering dianggap sebagai permasalahan wajar.


Tidak diperlukan tindakan lebih lanjut untuk menyelesaikan masalah ini. Kalaupun didiamkan, permasalahan ini akan selesai sendiri. Perlu diketahui, pemahaman itu adalah kesalahan besar.


Manusia harusnya memiliki kondisi normal. Pada bibir sendiri, label normal adalah ketika kondisinya lembab dan warnanya sedikit merah. Jika kondisinya kering, ini berarti ada yang salah dengan tubuh.


Apabila terus dibiarkan, efek yang lebih buruk terhadap kesehatan bibir bisa saja terjadi. Sebenarnya jika dilihat dari kondisi, bibir kering sendiri memberikan banyak hal negatif. Salah satunya tentu efek tidak nyaman yang pasti terasa.


Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan bibir menjadi kering. Contohnya sendiri seperti dehidrasi, sinar matahari, hingga obat-obatan.


Dengan banyaknya penyebab tersebut, tentu cara mengobati bibir kering dan hitam ada banyak. Oleh sebab itu, kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai cara mengatasi bibir kering dengan cepat dan aman.


1. Hindari Menjilat Bibir

Ketika bibir kering, beberapa orang sering memutuskan untuk menjilatnya. Sebenarnya jika dipikirkan, cara mengatasi bibir kering dan hitam ini logis. Menjilat dengan lidah membuat air liur akan menempel pada bibir.


Air liur yang memiliki sifat basah akan membuat bibir kering kembali lembab. Sebenarnya ketika baru dijilat, kondisi itu memang terasa. Namun pemahaman tersebut kurang sempurna.


Dalam beberapa detik, air liur memang akan membuat bibir basah. Namun setelah didiamkan beberapa lama, zat yang terdapat pada air liur malah akan mengeringkan bibir. Ini membuat masalah bibir kering menjadi semakin besar.


Biasanya, kebanyakan orang merasa kesulitan untuk menghindari ini. Itu karena menjilat bibir sendiri adalah sebuah kebiasaan. Sebagai cara termudah, terus saja pikirkan hal ini sehingga keberadaannya bisa terus diingat.


2. Air Putih

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa dehidrasi adalah salah satu penyebab bibir kering. Oleh sebab itu, membuat tubuh terhidrasi dengan baik bisa dijadikan cara mengatasi bibir kering secara alami yang optimal.


Untuk mengejar target tersebut, hal utama yang bisa dijadikan senjata adalah air putih. Air putih adalah senjata terbaik untuk menjadikan tubuh terhidrasi dengan baik.


Tubuh sendiri memiliki kebutuhan air putih reguler. Kebutuhan tersebut berada di angka 8 gelas per hari. Jika bisa, penuhi kebutuhan tersebut dengan baik.


Jadi cara mengobati bibir kering dan pecah pecah termudah bisa dilakukan dengan minimum 2 gelas air ketika bangun dan menjelang tidur. Dengan itu, kebutuhan air di siang hari tinggal menyisakan 4 gelas. Biasanya kebutuhan 4 gelas tersebut sudah terpenuhi ketika makan.


3. Mengatasi Bibir Kering Dengan Madu

Cara mengatasi bibir kering secara alami selanjutnya adalah dengan memakai madu. Perlu diingat bahwa salah satu penyebab bibir kering adalah karena bakteri. Madu memiliki sifat anti bakteri.


Dengan sifat tersebut, bibir kering bisa kembali normal. Selain membuat bibir kering kembali normal, madu juga efektif mengatasi bibir hitam. Nantinya ketika madu digunakan, kondisinya akan kembali menjadi merah. Menggunakannya sendiri cukup mudah.


Oleskan madu ke bagian bibir dan tunggu hingga olesan tersebut mengering. Jika sudah mengering, keringkan saja memakai air putih. Lakukan cara ini setiap hari. Dengan dilakukan secara rutin, hasil yang didapat pasti optimal.


Namun dalam pelaksanaannya, pastikan untuk memakai madu asli. Madu yang sudah dicampur dengan zat lain sering kali memberikan hasil kurang memuaskan. Oleh sebab itu, pastikan keasliannya ketika membeli.


4. Mengobati Bibir Kering dan Pecah Dengan Scrub

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas selanjutnya adalah dengan memakai scrub alami. Scrub sendiri tidak perlu dibeli. Untuk menggunakan scrub, seseorang bisa membuatnya sendiri. Dalam proses pembuatan scrub, siapkan gula pasir, madu, dan minyak zaitun.


Jika sudah siap, campurkan gula pasir dan minyak zaitun lalu tambahkan sedikit madu. Aduk hingga lembut dan tunggu selama 5 menit. Apabila waktunya sudah cukup, scrub sudah bisa digunakan. Penggunaannya sendiri cukup mudah.


Oleskan scrub pada bibir dan gosokkan secara perlahan. Tunggu hingga scrubnya mengering. Pada tahap akhir, cuci hasil gosokkan tersebut dengan memakai air hangat.


Nantinya scrub akan membuat sel-sel kulit mati terangkat. Hal tersebut membuat kondisi kering pada bibir kembali normal dan kecantikan bibir pun kembali lagi.


5. Jangan Gigit Bibir

Menggigit bibir adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan. Dalam cara mengatasi bibir kering dengan cepat selanjutnya, hal ini sangat wajib dihindari.


Itu karena, efek yang ditimbulkan begitu buruk. Bibir memiliki sebuah lapisan yang bermanfaat sebagai pelindung. Ketika pelindung bekerja optimal, kondisi bibir akan tetap sehat dan normal.


Namun yang jadi masalah, menggigit bibir bisa menghancurkan lapisan tersebut. Mengatasi kebiasaan ini bisa dilakukan dengan sering mengunyah permen karet. Dengan mulut yang sibuk, kebiasan ini akan dilupakan.


6. Mentimun

Menggunakan mentimun adalah cara mengatasi bibir kering secara alami selanjutnya. Keberadaannya sendiri memang cukup populer. Mentimun terkenal efektif dalam mengatasi bibir yang pecah-pecah.


Kamu yang memiliki masalah dengan bercak hitam pada bibir juga tidak perlu ragu. Itu karena, mentimun memiliki kemampuan untuk menghilangkan bercak hitam tersebut sehingga bibir akan kembali terlihat cantik.


Memanfaatkan mentimun sendiri sebenarnya bukan perkara sulit. Cukup iris mentimun sehingga terlihat lebih tipis.


Setelah irisan tersebut didapatkan, gosokkan irisannya ke bibir secara lembut. Diamkan hasil gosokkan selama 15 menit. Pada tahap akhir, bilaslah dengan memakai air bersih.


7. Mengatasi Bibir Kering dan Hitam Dengan Lip Balm

Lip balm juga wajib ditambahkan ketika mengulas cara mengatasi bibir kering dan hitam dengan cepat. Jika ingin hasil optimal, pilihlah lip balm yang mengandung SPF.


Dengan kandungan tersebut, lip balm bukan hanya mengatasi bibir kering. Perlindungan dari sinar matahari yang merusak bibir juga akan terasa.


Pastikan penggunaan lip balm dilakukan setiap hari. Gunakan saja lip balm ini setiap akan tidur.


Nantinya, efek maksimal akan terlihat pada pagi hari. Lip balm sendiri memiliki keunggulan pada tingkat praktis. Karena ukurannya yang kecil, membawanya kemana-mana tidak akan menjadi perkara sulit. Namun ketika lip balm selesai digunakan, pastikan untuk mencucinya dengan air bersih.


8. Hindari Logam

Menghindari logam juga memiliki peran yang sangat vital. Bisa dikatakan, ini adalah poin yang paling jarang disadari. Logam memiliki kemampuan untuk menyebabkan iritasi. Dengan iritasi yang terjadi, kondisi mengering pasti menjadi efek pasti.


Terlebih lagi untuk kamu yang memiliki bibir sensitif. Kemungkinan mengalami iritasi menjadi lebih besar. Contoh logam yang paling sering menjadi masalah adalah klip kertas. Biasanya dalam pekerjaan, klip kertas untuk sementara akan diselipkan pada bibir.


9. Hindari Kafein

Minuman yang mengandung kafein juga perlu dihindari. Keberadaannya begitu vital dalam upaya mengatasi bibir kering. Ketika kafein dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, bibir akan berada pada kondisi buruk dan kondisi mengering akan terjadi.


Selain mengering, kafein juga berefek pada produk melanin. Dengan produksi melanin yang meningkat, bibir akan menjadi lebih hitam. Ini jelas membuat upaya menghindari kafein adalah hal wajib.


Contoh kafein yang paling sering dikonsumsi adalah kopi. Untuk kamu yang terbiasa mengkonsumsinya, kurangi konsumsi tersebut sedikit demi sedikit. Perlu diingat juga bahwa alkohol dan minuman soda memberikan efek serupa.


Untuk hidup sehat, pastikan agar menghindarinya juga. Satu kunci yang paling penting dalam penerapan poin di atas adalah konsistensi. Jika tidak konsisten, cara mengatasi bibir kering dan pecah pecah secara alami di atas tidak akan memberikan hasil optimal.

  • 👈 SHARE: 9 Tips Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Secara Alami

Terkini

Topik Populer

Iklan