-->

Iklan

terkini

Cara Melihat Spesifikasi Lengkap HP Android Terbaru 2022 Tanpa Ribet

JNJ Indonesia
6/09/22, 11:16 WIB Last Updated 2022-06-09T04:16:37Z
Cara Melihat Spesifikasi HP Android

JNJIndonesia.com - Tutorial cara melihat spesifikasi hp android (vivo, samsung, xiaomi, oppo, realme, dll) sebenarnya mudah. Itu karena, setiap ponsel memiliki fitur bawaan yang membuat spesifikasinya bisa dilihat. Untuk tutorial cara cek spek hp android memang tidak susah, kebanyakan pengguna memang pasti terbiasa.



Namun untuk pengguna yang baru memakai smartphone tentu proses ini pasti sulit. Tidak diketahuinya cara cek spesifikasi hp sendiri bisa berakibat buruk. Apabila game atau aplikasi yang sedikit berat coba dipasang, pengecekan ini harus dilakukan.


Nantinya perlu dilihat apakah ponsel mampu menggunakan aplikasi tersebut atau tidak. Jika dipaksakan, penggunaan aplikasi tidak akan maksimal. Selain itu pengecekan juga perlu dilakukan ketika ponsel hendak dijual.


Nantinya calon pembeli pasti meminta spesifikasi ponsel tersebut. Ada banyak tutorial dan cara yang bisa dipilih untuk mengecek spesifikasi. Berikut beberapa cara lihat spesifikasi hp android tersebut.


Cara Melihat Spesifikasi HP Android Tanpa Aplikasi

Cara melihat spek lengkap hp android yang pertama adalah dengan menggunakan fitur bawaan. Ini bisa dikatakan sebagai cara cek spek hp android termudah. Itu karena, pengguna tidak membutuhkan apapun untuk mengecek. Berikut tahapan yang perlu dilalui.


1. Masuk Pengaturan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke pengaturan ponsel android kamu. Pengaturan ponsel sendiri adalah aplikasi bawaan. Dengan itu, melakukan download terlebih dahulu tidak perlu dilakukan. Langsung klik saja aplikasi dengan ikon berbentuk gear.


2. About Phone

Setelah masuk ke pengaturan ponsel, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah masuk ke about phone. About phone sendiri berada pada bagian bawah. Oleh sebab itu, kamu bisa melakukan scroll terlebih dahulu. Ketuk pada tulisannya dan lanjutkan ke tahap berikutnya.


3. Info Perangkat Lunak

Nantinya di dalam about phone, ada banyak bilah yang kembali diperlihatkan. Lakukan lagi scroll ke bagian bawah. Carilah yang bertuliskan info perangkat lunak. Ketuk bilah tersebut dan nantinya informasi detail dari ponsel akan diperlihatkan.


Cara Melihat Spesifikasi HP Android Memakai IMEI

Selain menggunakan pengaturan, melihat spesifikasi sendiri bisa dilakukan dengan mengecek IMEI ponsel. Dibandingkan cara lihat spek hp android sebelumnya, popularitas cara ini jauh lebih kecil.


Namun ketika dipraktekkan, cara ini juga bisa dikatakan sangat mudah. Berikut beberapa cara mengecek spesifikasi hp android yang dapat dilakukan.


1. Cara Cek IMEI Hp

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam cara melihat spesifikasi HP android adalah mengecek IMEI. Mengecek IMEI bisa dilakukan melalui telepon karena teknologi terus berkembang. Oleh sebab itu masuklah ke telepon dan geser ke menu dial. Pada menu dial, ketik saja (*#06#).


2. Lihat Kode IMEI

Ketika kode tersebut sudah dimasukkan, kode IMEI akan otomatis muncul. Disana, langsung simpan kode tersebut. Pada beberapa ponsel, penyimpanan kode bisa dilakukan secara langsung dengan teknik copy.


Namun jika fitur copy tidak tersedia, lakukan saja pengetikan secara manual. Selalu ingat agar menyimpan kode ini, jika kodenya hilang, proses tidak bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.


3. Buka Website

Tahap selanjutnya dalam cara melihat spesifikasi hp android adalah membuka website. Tentu website yang dibuka memang khusus untuk mengecek IMEI. Website tersebut beralamat https://www.imei.info/.


Pada halaman utama situs tersebut, terdapat kolom kosong di bagian tengah. Pada kolom kosong tersebut, langsung saja isikan dengan IMEI yang sebelumnya sudah disimpan.


Jangan lupa untuk melakukan verifikasi dengan memberikan ceklis pada kotak captcha. Biasanya saat memberikan ceklis pada kotak captcha, terdapat beberapa kuis ringan yang perlu diisi. Jika semuanya sudah diisi, langsung saja klik Check.


4. Lihat Spesifikasi yang Tertera

Pada tahap akhir, spesifikasi ponsel akan langsung terlihat. Spesifikasi ini bisa dilihat beberapa detik setelah bilah check diketuk.


Nantinya loading akan terjadi terlebih dahulu. Jika sudah diketuk, beberapa hal mulai dari Device type, dimensi, hingga display akan terlihat.


Cara Melihat Spek HP Android Dengan Aplikasi

Melakukan pengecekan spesifikasi juga bisa dilakukan memakai aplikasi. Tutorial cara melihat spek hp android yang satu ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Itu karena, menggunakan aplikasi adalah salah satu cara termudah yang bisa dilakukan.


Sebenarnya ada banyak aplikasi ponsel yang bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi. Namun untuk sekarang, berikut salah satu aplikasi terbaik yang bisa dipakai.


1. Dengan Aplikasi CPU-Z

Pada tahap pertama, tentu pemasangan aplikasi perlu dilakukan terlebih dahulu. Melakukan pengunduhan adalah hal pertama yang perlu dilakukan. Aplikasi yang dimaksud bernama CPU-Z. Jangan khawatir dengan keamanannya.


Aplikasi ini tersedia di playstore sehingga sepenuhnya aman untuk kenyamanan ponsel. Langsung saja download aplikasi dan tunggu hingga proses pemasangan selesai. Jika sudah selesai, lanjutkan ke tahap berikutnya.


Pada tahap berikutnya, aplikasi bisa langsung dibuka. Cara ini terbilang mudah karena ketika dibuka, loading beberapa saat akan terjadi. Loading tersebut terjadi untuk mengambil data ponsel dan memasukkannya ke aplikasi.


Setelah beberapa waktu, spesifikasi ponsel akan terlihat secara detail. Spesifikasi yang diberikan sendiri sangat lengkap. Device, sistem, hingga baterai telah diperlihatkan sepenuhnya.


2. Dengan Aplikasi Aida64

Cara melihat spesifikasi hp android selanjutnya adalah dengan aida64. Nama aida64 sebenarnya tidak begitu populer. Namun jika harus dibuat lebih detail, keberadaannya cukup mirip dengan CPU-Z.


Itu karena, aida64 adalah aplikasi yang bisa dipakai untuk mengecek spesifikasi ponsel. Yang membuat aida64 unggul terletak pada spesifikasi yang diperlihatkan. Untuk sekarang, ini adalah aplikasi yang memberikan spesifikasi paling detail.


Setiap hal yang dimiliki ponsel akan dijelaskan secara rinci. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki keunggulan dari segi ruang. Ruang yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan tidak banyak. Ukuran aplikasi ini hanya sebesar 6,1 MB.


Sekarang yang mendownloadnya sendiri sudah lebih dari 5 juta orang. Ini membuktikan jika keberadaannya cukup tepat untuk dipakai. Menggunakan aida64 untuk mengecek spesifikasi juga tidak sulit.

  1. Pertama langsung saja masuk ke playstore dan carilah aplikasi ini. Agar lebih mudah, lakukan pencarian dengan memasukkan kata kunci aida64. Nantinya aplikasi ini akan berada di urutan paling atas.
  2. Setelah itu, lanjutkan proses dengan mengunduh dan menunggu hingga proses pemasangan selesai.
  3. Jika sudah selesai, langsung saja buka aplikasinya. Nantinya loading selama beberapa waktu akan terjadi dan detail spesifikasi akan diperlihatkan.

Cara Termudah untuk Melihat Spesifikasi Ponsel

Cara yang dijelaskan sebelumnya bisa dikatakan sebagai cara melihat spesifikasi di hp android termudah. Namun walaupun begitu, bukan berarti cara yang bisa dipilih terbatas dengan apa yang telah dijelaskan sebelumnya. Masih banyak cara-cara lain yang bisa digunakan.


1. Lihat Dus

Cara melihat spesifikasi hp android pertama yang bisa dipilih adalah memanfaatkan dus ponsel. Biasanya ketika membeli ponsel, dus ini tidak langsung dibuang. Dus tersebut akan disimpan karena jika nanti ponsel hendak dijual, dus akan mempengaruhi harga.


Perlu diingat, setiap dus mencantumkan detail spesifikasi. Tentu detail spesifikasi ini bisa dijadikan patokan. Itu karena, dus ini berasal dari pabrik sehingga detail yang diperlihatkan pasti akurat.


Detail yang dijelaskan sendiri cukup banyak. Biasanya dus memperlihatkan detail RAM, ROM, baterai, layar, versi android, dan CPU. Sebenarnya jika yang dicari adalah spek dasar, apa yang dijelaskan pada dus sudah cukup. Namun jika membutuhkan detail lebih banyak, cara lain harus dipilih.


Pastikan untuk memilih tutorial android yang dirasa paling mudah. Itu karena, semua cara di atas bisa dipilih. Hanya saja, pastikan setiap cara digunakan secara benar.


Apabila ada tahap yang terlewat, spesifikasi tidak akan bisa dilihat. Sudah banyak orang yang kecewa karena gagal melewati proses tersebut. Intinya, pahami cara melihat spesifikasi hp android dengan baik.

  • 👈 SHARE: Cara Melihat Spesifikasi Lengkap HP Android Terbaru 2022 Tanpa Ribet

Terkini

Topik Populer

Iklan