-->

Iklan

terkini

10 Tips Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah Agar Mulus Lagi

JNJ Indonesia
6/08/22, 20:56 WIB Last Updated 2022-06-08T13:56:25Z
Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah

JNJIndonesia.com - Ada banyak tips dan cara mengatasi tumit pecah pecah secara alami dan cepat yang tidak diketahui banyak orang. Salah satunya yakni cara mengobati tumit kaki pecah pecah dengan minyak kelapa. Jika ingin hasil optimal, pastikan untuk memerhatikan beberapa cara menghilangkan tumit pecah pecah dan kasar yang akan dibahas berikut.



Cara mengatasi tumit kaki yang pecah pecah adalah pengetahuan penting. Itu karena, pembahasan mengenai kesehatan kaki yang satu ini sangat jarang di masyarakat. Kebanyakan orang bahkan membiarkan masalah ini.


Padahal ketika tumit pecah-pecah, ini membuktikan bahwa bagian tersebut bermasalah. Seharusnya, dilakukan respons cepat dalam menyelesaikannya. Wanita sendiri biasanya lebih peduli terkait hal ini.


Itu karena, tumit pecah-pecah membuat kepercayaan diri menurun. Ini jelas berbahaya karena kepercayaan diri yang menurun bisa mengurangi produktivitas seseorang.


Dengan kemajuan teknologi, seseorang seharusnya merasa lebih mudah ketika mencari tahu hal ini. Itu karena, ada banyak tempat yang membahas hal ini secara lebih detail.


Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah Dengan Cepat

Ada banyak cara mengobati tumit kaki pecah pecah dan kasar yang bisa dilakukan untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Namun jika dilihat, tidak semua cara menghilangkan tumit kaki pecah pecah tersebut efektif. Beberapa bahkan tidak memberikan hasil sesuai harapan.


Tentu akan menjadi pengalaman buruk jika mencoba cara semacam itu. Oleh sebab itu, kesempatan kali ini tidak kami gunakan untuk membahas semua cara bagaimana agar tumit kaki yang pecah-pecah kembali halus. Kali ini hanya dijelaskan beberapa tips kesehatan dan kecantikan mengenai cara yang paling efektif untuk mengatasi tumit kaki yang pecah dan kering.


1. Dengan Pelembab Emolien Humektan

Pelembab emolien humektan adalah cara mengatasi tumit pecah pecah dan kering. Beberapa orang memang tidak mengenal jenis pelembab ini. Intinya, pelembab dengan kandungan gilserin dan lanolin termasuk ke dalam emolien humektan.


Emolien sendiri sebenarnya merupakan zat aktif. Kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk meresap pada kulit. Selain itu, penguapan cairan akan berkurang. Itu membuat kemungkinan kondisi pecah-pecah muncul menjadi lebih kecil.


Selain itu, bahan aktif di dalamnya juga berfungsi sebagai pelindung. Nantinya, kulit akan terlihat lebih halus. ketika disentuh, kesan lembut akan terasa. Manfaat humektan juga tidak kalah oleh emolien.


Intinya, humektan memiliki kandungan untuk meningkatkan kapasitas air. Tentu peningkatan kapasitas air tersebut akan terjadi di lapisan kulit. Hal tersebut membuat kelembapan kulit lebih terjaga.


2. Menggunakan Pelembab Oklusif

Pelembab selanjutnya yang bisa dijadikan cara mengobati tumit kaki pecah pecah adalah pelembab oklusif. Dua pelembab ini bukan untuk dipilih salah satu. Setelah pelembal emolien humektan digunakan, barulah gunakan pelembab oklusif.


Itu membuat keduanya menjadi paket lengkap yang tidak bisa dipisahkan. Pelembab oklusif menjadikan lapisan kulit paling luar sebagai target. Nantinya, penguapan cairan akan dikurangi sehingga kondisi lembap lebih terjaga.


Contoh pelembab oklusif yang paling terkenal adalah minyak mineral. Oleh sebab itu, seseorang perlu menggunakan alas kaki setelah menggunakan pelembab oklusif. Itu karena, minyak yang terkandung di dalamnya bisa mengotori lantai atau sprei.


3. Dengan Bahan Kerolitik

Mengoleskan bahan kerolitik juga bisa diperhatikan dalam cara mengatasi tumit kaki yang pecah pecah. Nantinya, sel kulit mati yang sudah keras akan hilang.


Ini tentu penting karena sel kulit mati semacam itu biasanya tebal dan sulit dihilangkan. Nantinya, kulit pada tumit akan menjadi lebih tipis. Itu membuat kondisinya jauh lebih lembut dari sebelumnya.


Jika bisa, pilihlah bahan kerolitik yang mengandung asam laktat. Dengan keberadaan asam laktat, bahan kerolitik jadi memiliki bahan aktif. Ini membuat efek yang dihasilkan lebih optimal.


4. Mengatasi Tumit Pecah Pecah Dengan Batu Apung

Siapa sangka batu apung bisa dimasukkan ke cara mengatasi tumit pecah pecah. Cara penggunaannya sendiri begitu mudah. Gosokkan batu apung ke bagian tumit yang mengalami masalah pecah-pecah.


Namun dalam penggunaannya, pastikan kulit sudah menggunakan pelembab. Jangan sampai penggosokan dilakukan secara langsung. Penggunaan batu apung sendiri memiliki manfaat besar. Nantinya, sel kulit mati penyebab tumit pecah-pecah akan rontok.


Selain itu, kulit yang mengeras dan menebal juga akan berkurang. Hindari penggunaan pisau cukur atau gunting untuk menghilangkan kulit mati. Itu bisa menimbulkan luka pada kulit sehingga efek yang dihasilkan lebih berbahaya.


5. Menggunakan Sabun Lembut

Menggunakan sabun berbahan lembut juga bisa dijadikan pilihan tepat. Dengan sabun berbahan lembut, tumit pecah bisa dihilangkan.


Itu karena, sabun berbahan lembut membuat kelembapan kulit terjaga dengan baik. selain itu, kemungkinan terjadinya iritasi juga mengecil. Hal ini penting dalam membuat tumit lebih terjaga.


6. Gunakan Alas Kaki

Menggunakan alas kaki juga sangat penting dalam cara mengatasi tumit pecah secara alami. Jangan sampai bepergian tanpa alas kaki. Itu bisa membuat tumit kondisi pecah-pecah membanyak dan yang sudah ada semakin memburuk.


Poin paling vital dalam alas kaki adalah sepatu. Pastikan tidak menggunakan sepatu yang terlalu kecil. Jika sulit mencari yang pas, gunakan saja sepatu yang sedikit lebih besar. Perhatikan juga bantalan pada bagian bawah.


Gunakan sepatu yang bantalannya terasa empuk. Dengan itu, tumit akan terjaga secara lebih baik. Jangan lupa juga untuk memperhatikan sirkulasi udara pada sepatu.


Ketika sirkulasi tidak berjalan baik, kemungkinan munculnya masalah tumit pecah-pecah menjadi semakin besar. Sebaiknya, hindari menggunakan sandal saat berjalan jauh. Ini bisa menyebabkan kulit kaki kering dan kotor.


7. Gunakan Kaus Kaki

Penggunaan kaus kaki harus memiliki perhatian khusus. Itu karena, keberadaan kaos kaki tidak bisa dipisahkan dalam cara mengatasi tumit pecah dan kering dengan cepat.


Pastikan menggunakan kaus kaki yang pas. Menggunakan jenis dengan ukuran terlalu kecil bisa menyebabkan gesekan yang berbahaya. Selain itu, Jangan lupa untuk menggunakan kaus kaki berbahan katun.


Kaus kaki berbahan katun sangat penting dalam menjaga kelembapan tumit. Jika bisa, carilah yang ketebalannya sedikit lebih tinggi. Perlindungan yang diberikan akan lebih besar dengan ketebalan tersebut.


8. Mengobati Tumit Pecah Pecah Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bisa digunakan dalam cara mengatasi tumit pecah pecah secara alami selanjutnya. Minyak zaitun memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit. Dengan kondisinya yang lembap, masalah pecah-pecah akan teratasi.


Selain itu, minyak zaitun juga berkhasiat dalam melancarkan sirkulasi darah. Dengan kondisi tersebut, penyembuhan luka akan menjadi semakin cepat. Ini begitu penting karena pada tumit pecah-pecah biasanya ada banyak luka yang tercipta.


Menggunakan minyak zaitun sendiri bukanlah hal sulit. Untuk memakainya, oleskan minyak zaitun ke bagian tumit yang bermasalah. Jika bisa, lakukan pemijatan ketika sedang mengoleskannya. Pastikan pemijatan dilakukan secara lembut dalam 15 menit.


Lakukan proses ini ketika menjelang tidur. Setelah prosesnya selesai, bungkus tumit dengan kaus kaki berbahan katun. Ketika bangun di esok hari, bilas bekas minyak zaitun dengan air bersih.


9. Mengatasi Tumit Pecah Pecah Dengan Minyak Kelapa

Tidak lengkap membuat ulasan ini tanpa menambahkan tips dan cara mengobati tumit kaki pecah pecah tanpa minyak kelapa. Itu karena, minyak kelapa adalah obat alami untuk mengatasi pecah-pecah pada setiap bagian kulit.


Nantinya ketika digunakan, minyak kelapa bisa melembapkan. Selain itu, di dalamnya terdapat kandungan mikroba. Kandungan mikroba inilah yang sangat bermanfaat.


Nantinya tumit kaki akan menjadi lebih halus dan masalah pecah-pecah akan teratasi. Di dalam minyak kelapa juga terdapat kandungan anti radang. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk mencegah infeksi.


Perlu diketahui bahwa tumit pecah-pecah sangat rentan terhadap infeksi. Dengan menggunakan minyak kelapa, kemungkinan munculnya masalah yang lebih besar bisa dihindari.


10. Menghilangkan Tumit Pecah Pecah Dengan Madu

Madu juga bisa digunakan mengatasi kulit pecah-pecah. Di dalam madu, terdapat kandungan anti bakteri dan anti mikroba. Dengan itu, penyembuhan luka pada kulit menjadi lebih cepat. Penggunaan madu sendiri sangat mudah.


Campurkan madu dan air hangat pada sebuah wadah besar. Setelah tercampur sempurna, rendam tumit yang pecah-pecah pada wadah tersebut. Lakukan proses ini selama 15 menit. Jika bisa, gosok saja tumit pecah-pecah tersebut. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.


Pastikan untuk tidak asal dalam mempraktekan cara di atas. Cara mengatasi tumit pecah pecah dan kering tidak akan optimal jika yang menjalankannya hanya setengah-setengah.

  • 👈 SHARE: 10 Tips Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah Agar Mulus Lagi

Terkini

Topik Populer

Iklan