-->

Iklan

terkini

9 Tips dan Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Dengan Alami dan Cepat

JNJ Indonesia
6/08/22, 09:54 WIB Last Updated 2022-06-08T02:55:10Z
Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

JNJIndonesia.com - Baik pria atau wanita, remaja atau tua pasti punya masalah dengan kulit wajah berkerut dan ingin mengatasi kerutan di wajah tersebut. Ini wajar mengingat kerutan sendiri adalah masalah besar. Ketika kerutan pada wajah berjumlah banyak, kepercayaan diri seseorang akan menurun.



Cara menghilangkan kerutan di wajah sebenarnya tidak ada yang instan. Kalaupun ada yang instan, terdapat efek berbahaya yang mungkin terjadi. Namun memang banyak yang menginginkan agar kerutan di wajah hilang dengan cepat.


Ini wajar mengingat kerutan tersebut terlihat sangat mengganggu. Ketika mencari cara mengatasi kerutan di wajah dengan cepat, pastikan untuk selektif. Jangan sampai asal dalam memilih.


Memang di luar sana ada banyak cara instan yang bisa digunakan. Namun biasanya, cara instan semacam ini memiliki efek samping berbahaya bagi kecantikan kulit wajah. Walaupun kerutan di wajah hilang, itu akan menjadi percuma apabila permasalah yang lebih besar malah muncul.


Sekarang, ada banyak orang yang mengalami kejadian buruk semacam itu. Jangan sampai kamu menjadi salah satu orang yang mengalaminya.


Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Dengan Cepat

Menghilangkan kerutan di wajah bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara ini sudah terbukti efektif. Hebatnya lagi, tidak ada efek samping buruk yang akan didapat ketika menggunakannya. Berikut beberapa cara tersebut.


1. Menggunakan Pelembab

Menggunakan pelembab juga diperlukan. Ini begitu penting dalam cara menghilangkan kerutan di wajah dengan cepat. Penggunaan pelembab sendiri dilakukan setelah mencuci muka dilakukan.


Dengan itu, mencuci muka dan menggunakan pelembab menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sebenarnya fungsi pelembab sendiri bukan untuk menghilangkan kerutan. Pelembab berfungsi untuk menyamarkan.


Nantinya, keriput dan garis-garis halus menjadi tidak terlihat. Tentu ini juga penting dalam proses pelembaban. Hal tersebut membuat kemungkinan munculnya keriput baru menjadi lebih kecil. Kulit juga akan terlihat semakin cerah.


2. Menggunakan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya juga penting dalam cara mengatasi kerutan di wajah. Beberapa orang memang sering meremehkan tabir surya.


Padahal keberadaannya sangat penting untuk kamu yang sering beraktivitas di luar rumah. Dengan adanya tabir surya, sinar matahari akan lebih sulit dalam merusak kulit.


Jika bisa, gunakanlah tabir surya yang mengandung SPF 30. Kandungan itu begitu penting dalam mencegah penuaan. Ini membuat kemungkinan munculnya kerutan menjadi lebih kecil. Sebenarnya ada banyak manfaat lain yang dimiliki tabir surya.


Salah satu manfaatnya berhubungan dengan kemungkinan terjadinya kanker kulit. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui jika tabir surya memiliki kaitan dengan kanker kulit.


3. Menggunakan Produk Perawatan Kulit

Menggunakan produk perawatan kulit juga penting dalam cara mengobati kerutan di wajah. Dengan penggunaan produk perawatan, kemungkinan munculnya keriput menjadi lebih kecil.


Ada tiga hal yang paling perlu diperhatikan ketika berbicara tentang produk perawatan kulit. Pertama adalah retinoid. Retinoid memiliki kemampuan untuk meratakan kulit.


Selain menghilangkan kerutan, ini penting untuk menghilangkan flek hitam. Selanjutnya adalah antioksidan. Antioksidan membuat kulit terlindung dari paparan sinar matahari.


Dengan perlindungan tersebut, kerutan yang disebabkan oleh sinar matahari tidak akan terjadi. Terakhir adalah vitamin C. Vitamin C terkenal sebagai kandungan yang memiliki banyak manfaat.


Ternyata keberadaannya juga penting dalam menghilangkan kerutan. Jika bisa, gunakanlah vitamin C dalam bentuk acid. Ini membuat efektivitas dalam menghilangkan kerutan menjadi semakin tinggi.


Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami

Mungkin diantara kamu takut efek samping setelah menerapkan salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah dengan cepat yang sudah dibahas diatas.


Tapi tentang saja, masih ada beberapa tips menghilangkan kerutan di wajah secara alami. Beberapa cara mengatasi kerutan di wajah secara alami berikut ini bisa kamu lakukan.


1. Dengan Cuci Muka

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang pertama adalah dengan mencuci muka secara rutin. Mencuci muka sendiri memang sering disepelekan oleh sebagian orang. Padahal keberadaannya begitu penting. Dengan mencuci muka, wajah akan tetap bersih.


Ini membuat kemungkinan terjadinya kerutan menjadi lebih kecil. Ini wajib diperhatikan terutama bagi mereka yang rutin menggunakan make up. Jika bisa, manfaatkan juga make up remover.


Ini membuat wajah sepenuhnya bersih dari permasalahan semacam itu. Berhati-hatilah ketika memilih sabun pembersih wajah. Pilihlah sabun yang memiliki tekstur lembut. Ini membuat kemungkinan terjadinya iritasi menjadi lebih kecil.


Selain itu ketika mencuci muka, pastikan prosesnya dilakukan secara merata. Ini penting agar kotoran dan minyak hilang sepenuhnya.


Proses mengeringkan juga sangat penting. Ketika sedang mengeringkan, gunakanlah handuk yang bersih dan lembut. Dengan itu, kebersihan wajah akan terjaga sempurna.


2. Menghilangkan Kerutan Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga penting dalam cara menghilangkan kerutan di wajah. Untuk menggunakan minyak zaitun, teknik terbaik yang bisa dilakukan adalah melakukan pemijatan.


Melakukan pemijatan sendiri tidak sulit. Ini sangat optimal terutama untuk kerutan pada dahi dan bagian wajah lainnya. Minyak zaitun mengandung antioksidan. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kemampuan dalam menangkal radikal bebas.


Lakukanlah pemijatan di wajah dengan minyak zaitun secara rutin. Sedikit demi sedikit kerutan akan semakin samar hingga akhirnya menghilang sepenuhnya. Namun untuk proses ini, bantuan orang lain sangat dibutuhkan. Itu karena, sulit untuk memijat wajah sendiri secara optimal.


3. Dengan Tidur Cukup

Manusia adalah makhluk yang membutuhkan istirahat. Oleh sebab itu, istirahat ini sangat penting dalam cara mengobati kerutan di wajah. Istirahat yang paling penting untuk diperhatikan adalah tidur.


Ketika tidur seseorang terganggu, fungsi kulit akan berjalan tidak normal. Hal tersebut bisa menimbulkan banyak efek buruk dan salah satunya adalah memunculkan kerutan pada wajah. Kebutuhan tidur setiap orang memang berbeda-beda.


Namun dalam takaran normal, manusia membutuhkan waktu tidur 7 hingga 9 jam per hari. Kualitas tidur juga perlu diperhatikan. Pastikan untuk tidur pada posisi yang nyaman. Hindari posisi yang membuat wajah mengarah ke bantal.


Posisi ini bisa membuat gesekan wajah dan bantal terjadi sehingga keriput bisa muncul. Tidur terlentang atau mengarah ke kanan bisa dijadikan pilihan yang lebih baik.


4. Dengan Mengatur Ekspresi

Ekspresi wajah yang perlu diperhatikan. Ketika sebuah ekspresi dilakukan berulang, nantinya ekspresi tersebut akan menempel pada wajah. Ini tentu berbahaya karena sisanya akan menimbulkan kerutan. Menggunakan kacamata juga bisa dijadikan pilihan tepat.


Ketika seseorang tidak menggunakan kacamata, kebiasaan menyipitkan mata dalam aktivitas sering dilakukan. menggunakan kacamata bisa menghindari kebiasaan tersebut.


5. Dengan Makanan Sehat

Makanan sehat juga penting dalam cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami. Beberapa orang memang sering menganggap remeh hal ini.


Padahal makanan akan mempengaruhi setiap bagian tubuh dan wajah adalah salah satu bagian tersebut. makanan sehat yang paling vital untuk menghilangkan kerutan wajah adalah sayur dan buah.


Dua makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah besar. Nantinya, radikal bebas yang memiliki kemampuan untuk merusak kulit akan dilawan. Ini jelas membuat keriput yang disebabkan oleh masalah tersebut bisa dihindari.


Selain aktif melawan keriput, sayur dan buah juga penting untuk membuat kulit awet muda.


Jika bisa, konsumsi juga salmon. Salmon begitu penting dalam memberikan nutrisi pada kulit. Minyak essensial yang terkandung di dalamnya membuat kulit terasa kenyal.


6. Hindari Beberapa Makanan ini dan Rokok

Menghindari beberapa makanan dan rokok juga penting. Itu karena, beberapa makanan dan rokok ini bisa menyebabkan kerutan di wajah muncul dan memburuk.


Makanan mengandung gula adalah hal paling vital. Ketika kandungan gula pada tubuh terlalu banyak, kondisi glikasi akan tercipta.


Glikasi inilah yang akan menyebabkan kolagen memecah. Hal tersebut membuat tubuh nampak tua. Untuk rokok sendiri sepertinya tidak perlu dijelaskan.


Rokok dapat memecah elastin pada wajah. Kondisi tersebut jelas memunculkan kerutan di wajah. Selain berkerut, kemungkinan wajah kusam juga menjadi semakin besar.


Pastikan untuk tidak asal dalam upaya menghilangkan kerutan pada wajah. Perhatian setiap poin secara detail. Jangan sampai ada yang terlewat dalam mengaplikasikan salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah yang sudah dibahas di atas.

  • 👈 SHARE: 9 Tips dan Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Dengan Alami dan Cepat

Terkini

Topik Populer

Iklan