-->

Iklan

terkini

Rambut Beruban? Berikut ini Cara Menghitamkan Rambut Yang Bisa Kamu Lakukan

JNJ Indonesia
6/02/22, 14:10 WIB Last Updated 2022-06-02T07:10:19Z
Cara Menghitamkan Rambut

JNJ Indonesia - Saat ini, cara menghitamkan rambut beruban secara alami sebenarnya sangat mudah dilakukan. Apalagi, banyak produk kecantikan memberikan tawaran instan. Biasanya, produk yang menawarkan hasil instan kebanyakan menggunakan campuran bahan kimia.



Sebenarnya, sah-sah saja menggunakan produk kecantikan untuk menghitamkan rambut. Namun, tidak semua orang memiliki resistensi terhadap bahan kimia. Beberapa bahkan alergi terhadap campuran kimia pada shampo atau sejenisnya.


Lalu, jika memang seperti itu, apa yang harus dilakukan? Sebenarnya, menghitamkan rambut bisa dilakukan menggunakan banyak cara. Kamu bahkan bisa menggunakan bahan alami di sekitar rumah untuk melakukannya.


Bahan alami tentu memiliki tingkat risiko lebih rendah. Kandungan zat dalam bahan alami memiliki efek yang sangat menyehatkan. Jadi, bukan hanya hitam, tapi kamu juga memiliki rambut lebat.


Penyebab dari Rambut Tidak Hitam

Sebelum membahas tentang cara menghitamkan rambut, kamu perlu mengerti apa saja penyebab rambut seseorang tidak bisa menghitam. Memang, jika dilihat dari faktor kesehatan ada banyak sekali penyebabnya.


Setidaknya, faktor gaya hidup yang tidak sehat memberikan penyebab paling besar mengapa rambut seseorang tidak hitam. Salah satu yang paling sering terjadi adalah karena tingkat stres terlalu berlebihan.


Kualitas tidur yang tidak terjaga dengan baik juga menjadi salah satu penyebab paling umum. Apalagi jika kamu sering mengonsumsi kopi dan sejenis kafein lain. Warna rambut akan memudar seiring waktu.


Jika melihatnya dari kebiasaan merawat diri, mungkin faktor paling besar adalah shampo yang tidak cocok. Sering berganti shampo juga sangat berbahaya bagi perkembangan rambut sehingga berpengaruh pada pigmen warna.


Cara Menghitamkan Rambut Tanpa Zat Kimia

Oleh sebab itu, ketika merasa bahwa shampo tersebut memberikan efek samping, maka segera tinggalkan. Kamu bisa mengganti dengan cara yang alami. Berikut cara yang dapat kamu terapkan.


1. Cara Menghitamkan Rambut dengan Minyak Kelapa

Bagi orang yang sejak kecil tinggal di lingkungan pedesaan, minyak kelapa dikenal dengan banyak fungsinya. Salah satunya adalah mampu menjaga dan meningkatkan pigmen warna pada rambut seseorang.


Bahkan, jika rutin menggunakan minyak kelapa, di umur 50 tahun ke atas sekalipun rambut tetap berwarna hitam. Uban juga akan lebih jarang muncul karena kepala mendapatkan nutrisi dari minyak kelapa.


Untuk menggunakannya sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa membuat minyaknya sendiri di rumah tanpa perlu membeli dari toko. Namun, prosesnya mungkin sedikit lebih lama daripada membelinya langsung.


Santan kelapa harus di masak hingga mengental. Diamkan selama beberapa waktu hingga mulai terlihat minyaknya. Nantinya akan ada minyak kelapa yang bisa kamu gunakan untuk perawatan rambut.


Cara penggunaannya sendiri cukup dengan mengoleskan secara teratur. Efeknya sama seperti olive oil, bahkan beberapa orang menilai minyak kelapa lebih baik. Jadi, tidak ada salahnya menggunakan minyak kelapa.


2. Cara Menghitamkan Rambut dengan Teh Hitam

Daun teh terkenal dengan berbagai manfaat besarnya. Daun teh menjadi salah satu herbal yang sering dipakai untuk kecantikan. Bahkan, daun teh sudah digunakan sejak jaman kuno untuk mempercantik diri.


Ternyata, daun teh hitam juga bisa dipakai untuk menghitamkan rambut. Mungkin beberapa orang masih meragukan cara ini. Namun, faktanya sudah banyak produk shampo yang menggunakan sari teh hitam.


Untuk menggunakannya kamu hanya butuh air hasil seduhan teh hitam. Oleh sebab itu, siapkan teh hitam dan seduh dengan air panas. Diamkan hingga dingin supaya bisa digunakan.


Selanjutnya, masukkan air seduhan tersebut ke botol spray yang sudah bersih. Usahakan botol tersebut tidak menyisakan cairan lain. Lebih baik lagi jika menggunakan botol spray baru.


Semprotkan air seduhan daun teh hitam tersebut sebagai hair tonic. Lakukan setidak seminggu 3 kali untuk mempercepat hasil. Jangan lupa memberikan perawatan lain supaya hasilnya lebih maksimal.


Jika dilakukan secara rutin, biasanya dalam waktu 1 bulan saja sudah ada perubahan. Warna rambut akan lebih hitam dari sebelumnya. Selain itu, kamu juga akan memiliki rambut yang lebih lebat.


3. Menggunakan Ginseng

Rasanya, hampir semua wanita mengenal manfaat besar dari herbal asal Korea ini. Manfaatnya bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan kecantikan seseorang. Tidak heran jika banyak produk kecantikan menggunakannya sebagai bahan utama.


Ginseng sendiri saat ini bisa ditemui sebagai bahan utama hair tonic, masker rambut, creambath, shampo, hingga conditioner. Bahan alami asal Korea ini memang sudah terbukti memberikan khasiat baik.


Untuk cara menghitamkan rambut menggunakan ginseng sebenarnya cukup mudah. Kamu tidak perlu mencari ginseng secara langsung dan mengolahnya sendiri. Cukup belu produk perawatan rambut yang memiliki bahan utama ginseng.


Perawatan alami menggunakan ginseng juga semakin populer. Hair tonic dari ginseng menjadi salah satu yang cukup umum dijumpai. Bahkan, hair mask dengan bahan alami ginseng juga sudah banyak dijumpai.


Jika ingin perawatan lebih optimal, sediakan saja hair tonic, hair mask, creambath, shampo, dan conditioner berbahan ginseng. Pakai secara teratur sehingga pigmen warna pada rambut tetap terjaga dan lebih sehat.


4. Memakai Vitamin

Salah satu cara menghitamkan rambut dengan lebih cepat tentu memberikan nutrisi serta vitamin. Umumnya, vitamin dari bahan olive oil sangat mudah dijumpai dan sering dipakai banyak kaum adam maupun kaum hawa.


Namun, tidak semua vitamin bisa kamu gunakan sesuka hati. Ada beberapa kriteria vitamin bisa digunakan dan aman bagi pertumbuhan rambut. Salah satunya adalah memiliki izin dari BPOM.


Selain melihat izin edar dari BPOM, melihat tanggal kadaluarsanya juga sangat penting. Jangan sampai kamu menggunakan sebuah vitamin yang sudah melewati batas. Ini juga penting untuk melindungi pigmen warna rambut.


Lihat juga review yang diberikan oleh konsumen lain apakah ada review negatif atau tidak. Jika ada, maka sebaiknya sedikit waspada dengan vitamin tersebut. Jangan sampai memaksakan untuk menggunakannya.


5. Menggunakan Shampo Khusus

Ada banyak shampo yang menggunakan bahan alami sepenuhnya. Biasanya, shampo herbal lebih banyak diminati karena dinilai lebih efektif. Selain itu, efek sampingnya juga tidak terlalu kuat seperti shampo biasa.


Cara menghitamkan rambut secara umum memang menggunakan shampo. Namun, untuk jenis dan tipenya mungkin akan berbeda-beda setiap orang. Kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi kulit kepala kamu.


Pilih shampo yang cocok dan terus gunakan shampo tersebut. Jangan pernah berganti-ganti shampo ketika sudah menemukan shampo yang cocok. Dampaknya cukup besar bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut.


6. Mengatur Pola Tidur

Warna rambut memudar juga karena kurangnya tidur. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut perlu mengatur pola tidur teratur. Buat skema khusus supaya tidur tetap terjaga dengan baik.


Menjaga pola tidur faktanya juga salah satu cara menghitamkan rambut tanpa bahan kimia. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu 8 jam tidur sehari. Namun, bisa bertambah ketika dalam keadaan tertentu.


Dengan membuat skema yang pasti, maka pola tidur mulai berjalan normal. Aktivitas pada kulit kepala juga membuat pertumbuhan rambut lebih cepat. Pigmen warna lebih baik dan pada akhirnya menjadi sehat.


Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kamu pakai. Tentunya, setiap cara memiliki batas waktu tertentu untuk melihat hasilnya. Namun, cara menghitamkan rambut diatas bisa menjadi beberapa alternatif.

  • 👈 SHARE: Rambut Beruban? Berikut ini Cara Menghitamkan Rambut Yang Bisa Kamu Lakukan

Terkini

Topik Populer

Iklan