-->

Iklan

terkini

Inilah 4 Rahasia Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

JNJ Indonesia
6/06/22, 09:22 WIB Last Updated 2022-06-06T02:23:41Z
Cara Menghilangkan Komedo

JNJIndonesia.com - Siapa sangka ternyata cara menghilangkan komedo dengan cepat bisa dilakukan secara alami dan mudah menggunakan bahan-bahan alami disekitar kita. Alam sudah menyediakan berbagai bahan dengan segudang manfaatnya.



Sejak zaman dahulu perawatan wajah memang sudah memanfaatkan bahan-bahan dari alam. Tanda bahan tambahan kimia dan tidak perlu diolah menggunakan teknologi fabrikasi.


Performanya dalam mengatasi masalah kecantikan juga tidak boleh disepelekan. Karena justru sekarang lebih banyak produk pabrikan menggunakan produk alami sebagai penyusun utamanya.


Pada dasarnya komedo adalah kotoran yang terakumulasi pada bagian pori-pori kulit hidung. Secara alami komedo memang tidak berbahaya, namun jika dibiarkan tentu saja dapat mempengaruhi estetika wajah.


Oleh karena itu banyak orang ingin teratur membersihkannya agar pori-pori menjadi sehat dan jauh dari jerawat. Memang komedo yang dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan timbulnya jerawat.


Selain itu untuk beberapa jenis tertentu bahkan komedo dapat berubah menjadi infeksi. Hal tersebut karena kotoran yang ada di dalamnya dapat memicu beberapa komplikasi berbahaya pada kulit.


Apabila kamu ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkannya secara mudah, dalam artikel ini akan dibahas secara detail. Bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan sehingga dapat segera dipraktekkan.


Yang paling penting dari metode ini adalah proses pembuatannya tidak memakan waktu lama. Kamu tidak perlu harus membuatnya jauh-jauh hari sebelum bisa mengaplikasikannya secara langsung.


Cara Menghilangkan Komedo dengan Uap Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat memang salah satu cara untuk menghilangkan kotoran di pori-pori secara menyeluruh. Tahukah kamu bahwa ternyata menggunakan uap air hangat bisa digunakan menghilangkan komedo.


Permukaan kulit ketika terkena respon panas akan membuka lebih lebar. Dengan terjadinya pelebaran tersebut akhirnya keringat akan keluar dan mendorong kotoran untuk keluar dari pori-porinya.


Ini juga dapat dimanfaatkan secara spesifik untuk menghilangkan komedo dari permukaan hidung. Jadi kamu tidak perlu menggunakan bahan apapun untuk menghilangkannya cukup hangatkan air saja.


Proses penggunaanya juga tidak sulit, cukup taruh air panas di wadah tertentu. Kemudian dekatkan wajah ke uap air hangat tersebut agar pori-pori semakin terbuka. Proses ini dapat kamu lakukan kapan saja.


Durasi yang dibutuhkan sebagai cara menghilangkan komedo juga fleksibel. Kamu bisa melakukannya selama 5 hingga 20 menit tergantung kebutuhan kulit masing-masing. Setelah mandi uap ini kamu bisa membersihkannya.


Proses pembersihan juga tidak perlu terlalu spesifik, kamu dapat menggunakan air mengalir. Atau akan lebih sempurna jika menggunakan sabun pembersih muka agar komedo mudah terangkat.


Metode ini sama sekali tidak mengeluarkan biaya dan pengaplikasiannya paling mudah. Bahkan persiapannya tidak lebih dari lima menit. Jadi kamu bisa melakukannya sebelum tidur malam.


Perlu diingat, hati-hati pada saat mandi uap, jangan terlalu mendekatkan wajah. Karena akan cukup berbahaya jika kulit wajah kamu terkena cipratan air panas. Jadi hati-hati saat menerapkannya di rumah.


Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Kunyit

Selain digunakan sebagai bahan penyedap masakan ternyata kunyit juga bisa menjadi salah satu perawatan wajah. Kandungan alami kunyit mampu membantu membersihkan pori-pori wajah secara alami.


Pada zaman dahulu kunyit juga sudah sering digunakan sebagai masker wajah agar tetap terjaga kecerahannya. Memang kandungan asam pada kunyit mampu merangsang pori-pori untuk terbuka.


Apabila dioleskan di bagian hidung maka komedo akan lebih mudah terangkat. Pembuatan krim kunyit juga tidak terlalu sulit. Berikut ini akan dijelaskan detail pembuatan dan pengaplikasiannya secara detail.


1. Buat Krim Kunyit

Untuk membuat krim ini kamu hanya perlu mempersiapkan kunyit yang sudah dicuci bersih. Kupas kulit bagian luar kunyit agar tidak ada kotoran yang menempel ketika digunakan nantinya.


Setelah dikupas, parut kunyit hingga halus kemudian tiriskan selama kurang lebih 5 menit. Peras kunyit menggunakan kain penyaring dan sisihkan pada wadah lain untuk digunakan.


2. Penggunaan Krim Kunyit

Cara menghilangkan komedo menggunakan krim kunyit cukup sederhana. Cukup oleskan krim pada bagian kulit hidung dan biarkan beberapa saat. Tunggu hingga mengering kurang lebih 5 hingga 10 menit.


Kamu juga dapat mengoleskan krim kunyit ini ke seluruh permukaan wajah. Ini bermanfaat untuk menjaga kesegaran dan kebersihannya. Jadi tidak hanya khusus untuk komedo saja.


3. Bilas

Untuk membersihkan wajah dari krim kunyit kamu dapat membilasnya menggunakan air hangat. Setelah dibilas akan lebih bagus lagi jika dibersihkan kembali menggunakan sabun wajah agar optimal kebersihannya.


Tidak terlalu sulit bukan menggunakan kunyit sebagai salah satu bahan kecantikan. Karena mudah dibuat dan ditemukan di rumah kamu jadi tidak perlu repot dalam mempersiapkan bahannya.


Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Air Jeruk

Tidak hanya segar ketika dikonsumsi namun air jeruk juga dapat bermanfaat dalam membersihkan komedo. Ascorbic acid dalam sari jeruk mampu membantu merangsang pori-pori kulit.


Sari jeruk juga mampu membantu regenerasi sel epidermis sehingga nantinya kulit lebih rapat dan halus. Kamu juga bisa membuatnya sendiri secara mudah dengan bahan yang ada di rumah, berikut ini detailnya.


1. Siapkan Sari Jeruk

Hampir seperti membuat jus jeruk, kamu cukup memeras jeruk hingga airnya keluar. Kemudian pisahkan pada wadah tertentu dan saring kembali menggunakan kain bersih agar terbebas dari kotoran.


2. Oleskan Sari Jeruk ke Permukaan Kulit

Penerapan cara menghilangkan komedo menggunakan air jeruk tidak kalah mudah. Kamu cukup mengoleskan air jeruk tersebut pada bagian permukaan kulit dan mendiamkannya selama beberapa saat.


Tunggu hingga air jeruk tersebut terserap pada pori-pori kulit. Biasanya proses penyerapan ini berlangsung antara 3 hingga 10 menit saja. Jadi tidak terlalu memakan waktu.


3. Bersihkan Menggunakan Sabun Pencuci Wajah

Ini adalah tahap paling penting karena air jeruk tidak dapat secara mandiri memecah kotoran dalam pori-pori. Kamu harus membersihkannya kembali dengan bantuan air hangat.


Setelah itu bersihkan menggunakan sabun pencuci wajah agar kotoran dalam pori-pori bersih sempurna. Air jeruk hanya akan membantu mengangkat kotoran tersebut agar lebih mudah dihilangkan.


Selain menggunakan air jeruk, kulitnya juga dapat kamu jadikan sebagai masker. Cara pembuatannya akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya. Jadi memang buah satu ini menyimpan cukup banyak manfaat.


Cara Menghilangkan Komedo dengan Masker Kulit Jeruk

Jika beberapa cara sebelumnya cukup mudah dan cepat dilakukan. Pembuatan masker kulit jeruk butuh persiapan waktu cukup panjang, namun tetap prosesnya mudah dilakukan. Jadi kamu jangan khawatir kesulitan membuatnya.


Kamu dapat menggunakan kulit jeruk atau lemon, pilih mana yang paling mudah didapatkan. Keduanya memiliki kandungan hampir sama jadi ketika dijadikan masker manfaatnya dapat saling menggantikan, berikut ini proses pembuatannya.


1. Menghaluskan Kulit jeruk

Siapkan kulit jeruk atau lemon yang sudah dipisahkan dari daging buahnya. Kemudian keringkan menggunakan cahaya matahari selama beberapa hari. Ketika cuaca cerah prosesnya cukup satu hari saja.


Apabila kulit jeruk sudah kering sempurna kamu dapat menumbuk atau memblendernya. Pastikan hasilnya halus agar lebih mudah ketika digunakan sebagai krim.


2. Campur dengan Air Hangat dan Oleskan di Bagian Wajah

Campurkan bubuk kulit jeruk dengan sedikit air hangat hingga memiliki tekstur seperti pasta. Pasta ini kemudian dioleskan di bagian wajah secara merata seperti penggunaan masker biasanya.


Sebelum menggunakan krim ini kamu juga dapat membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air jeruk agar hasilnya lebih optimal. Gunakan masker ini selama 10 hingga 15 menit.


3. Bersihkan Menggunakan Air Hangat

Untuk membersihkan wajah dari sisa masker gunakan air hangat agar kondisi kulit lebih segar. Kamu juga dapat membilasnya kembali menggunakan sabun cuci muka agar hasil lebih optimal.


Penggunaan masker kulit jeruk ini memang bermanfaat untuk kecantikan dan membersihkan pori-pori. Namun sayangnya bagi kamu dengan kulit sensitif disarankan tidak menggunakannya karena kandungan asamnya tinggi.


Bahan-bahan alami tadi tentunya tidak sulit ditemukan di rumah. Jadi kamu dapat segera mempraktekkannya sendiri. Menggunakan bahan natural sebagai cara menghilangkan komedo sudah terbukti ampuh performanya.

  • 👈 SHARE: Inilah 4 Rahasia Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

Terkini

Topik Populer

Iklan