-->

Iklan

terkini

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Menghitam Secara Alami dan Cepat

JNJ Indonesia
6/06/22, 08:51 WIB Last Updated 2022-06-06T01:51:04Z
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

JNJIndonesia.com - Ternyata cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat bisa mudah dilakukan menggunakan bahan alami. Cara pembuatan dan pengaplikasian yang mudah membuatnya cocok digunakan oleh siapa saja. Tidak perlu produk pabrikan untuk menghilangkannya.



Memang kosmetik pabrikan juga banyak menggunakan kandungan dari alam untuk memperkuat khasiat dari produknya. Jadi perbedaanya tidak terlalu mencolok antara menggunakan barang jadi dan alami.


Apabila kamu memiliki karakteristik kulit yang sensitif maka menggunakan produk natural akan menjadi pilihan cerdas. Bahan natural memiliki kandungan yang lebih lembut sehingga aman digunakan.


Proses penyembuhan luka akibat jerawat juga akan lebih cepat dan menghasilkan recovery prima. Nantinya tidak akan ada bekas permanen karena luka jerawat. Jadi kecantikanmu tidak akan berkurang.


Produk natural yang dapat digunakan sebagai penghilang bekas jerawat antara lain kunyit, madu, apel, dan dan kentang. Keempat produk tadi cukup muda proses pengolahannya menjadi obat alami.


Perlengkapan yang dibutuhkan juga tidak rumit dan dapat ditemukan di rumah. Jadi kamu tidak perlu membeli alat spesifik untuk membuatnya. Bukankah ini sangat memudahkan sekali.


Dari keempat bahan tersebut masing-masing memiliki fungsi dan cara pengaplikasian berbeda. Jadi kamu harus memperhatikan sesuai dengan kebutuhan kulit dan kondisi luka bekas jerawat.


Tidak semua bekas jerawat yang menghitam dapat diatasi menggunakan satu bahan saja. Jadi kamu juga harus menyesuaikan melihat kondisinya. Pada pembahasan berikutnya akan dijelaskan secara detail.


Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Rempah Kunyit

Rempah kunyit dapat digunakan untuk membersihkan kotoran di wajah yang biasanya memerah hingga mengeluarkan darah. Biasanya bekas seperti ini terjadi karena kamu menekan sendiri jerawat di wajah.


Hal tersebut tentu harus dilakukan secara hati-hati. Pastikan tanganmu steril ketika melakukannya agar tidak terjadi infeksi pada luka bekasnya. Karena jika terjadi infeksi penanganannya lebih sulit.


Penggunaan kunyit juga harus menunggu kondisi luka sudah tidak mengeluarkan darah. Jadi sudah terdapat benang fibrin pada bagian luka. Kunyit akan membantu membersihkan luka dari bakteri dan mempercepat penyembuhannya.


Berikut ini akan dijelaskan bagaimana menggunakan kunyit sebagai cara menghilangkan bekas jerawat di pipi yang benar. Jadi kamu tidak salah dalam mengaplikasikannya pada luka yang ada di wajah.


1. Pembuatan Adonan

Parut kunyit hingga halus agar nantinya mudah diperas sarinya. Kamu juga dapat menggunakan bubuk kunyit apabila tersedia di dapur. Campurkan bubuk dengan sedikit air agar berbentuk pasta.


2. Cara Pemakaian

Oleskan pasta kunyit atau sarinya pada bagian wajah dengan luka jerawat. Tunggu beberapa menit hingga pasta tersebut mengering. Penggunaan masker ini disarankan antara 5 hingga 10 menit sampai kunyit mengering.


3. Pembersihan

Setelah pasta tersebut mengering bersihkan menggunakan air hangat. Bisa juga dibersihkan lagi menggunakan sabun wajah agar tidak ada pasta yang tertinggal di bagian wajah.


Khasiat kunyit adalah membantu membersihkan luka dan mencegahnya dari inflamasi. Sehingga jerawat yang sudah dibersihkan tadi tidak kembali lagi. Kamu dapat sering menggunakannya karena tidak ada efek sampingnya.


Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Media Madu

Madu digunakan untuk menyembuhkan luka bekas jerawat hitam di pipi yang mengalami peradangan atau inflamasi. Biasanya hal ini terjadi karena pada saat proses pembersihan luka kurang steril kondisinya.


Jadi masih ada bakteri yang menyebabkan infeksi ringan pada bagian permukaan epidermis. Jika dibiarkan jerawat akan kembali lagi menyerang kulit. Bahkan ukurannya akan semakin membesar.


Kandungan antioksidan pada madu mampu meredakan peradangan pada bagian epidermis. Bahan ini juga mampu mempercepat penutupan luka di permukaan kulit. Hal ini bahkan diterapkan pada kondisi peperangan.


Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat menggunakan madu bisa dilakukan dengan dua cara. Kamu dapat mengoleskannya secara langsung pada bagian luka, atau menjadikannya sebagai masker wajah. Selain dapat menghilangkan bekas jerawat ternyata cara menghilangkan jerawat juga bisa dengan cara ini.


Apabila kamu akan menjadikannya sebagai masker wajah, bisa juga ditambah bahan lain. Sari lemon, jeruk, dan apel dapat menjadi pilihan paling tepat agar khasiatnya semakin kuat mengatasi luka, berikut ini cara pembuatan maskernya.


1. Pembuatan Lulur Madu

Siapkan madu dan bahan tambahan jika diinginkan. Kemudian hangatkan madu di atas api kecil. Ingat, hangatkan saja bukan panaskan, jadi nantinya madu tidak akan menjadi permen.


2. Cara Penggunaan

Oleskan madu hangat dengan campuran sari apel, lemon, atau jeruk di seluruh wajah. Oleskan tipis secara merata dan tunggu hingga mengering. Biasanya memakan waktu 3 hingga 5 menit saja.


3. Cuci Muka

Untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan air hangat. Jika ingin lebih sempurna bersihkan lagi dengan menggunakan sabun wajah agar tidak ada sisa masker yang tertinggal.


Penggunaan madu selain dapat menghilangkan bekas jerawat yang menghitam juga dapat mencegahnya. Rutin menggunakan masker ini mampu menjaga kemampuan regenerasi sel agar tidak mudah menua.


Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Apel

Apel, selain sehat dikonsumsi ternyata juga menyimpan manfaat untuk menjaga kecantikan. Kandungan riboflavin, thiamin, dan ascorbic acid mampu menjaga kesegaran dan regenerasi kulit dari luka dan penuaan.


Selain itu antioksidan pada sari apel juga baik untuk menghalau radikal bebas yang memiliki potensi menyebabkan kanker. Memang buah ini memiliki banyak manfaat sehingga bagus untuk dikonsumsi.


Namun disini akan lebih difokuskan manfaatnya sebagai penghilang luka bekas jerawat. Kandungan sari apel dapat dijadikan pembersih wajah yang ampuh membantu regenerasi kulit akibat luka.


Apabila kamu tertarik mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat secara alami menggunakan masker dari apel berikut akan dijelaskan proses pembuatannya. Peralatan yang digunakan tidak banyak dan pasti tersedia di rumah.


1. Membuat Sari Apel

Siapkan apel, parutan, dan mangkuk untuk tempat masker. Cuci bersih apel kemudian parut (tidak perlu mengupas kulitnya). Setelah itu sari dan hasil parutan taruh dalam wadah tertentu.


Tekan-tekan hasil parutan apel menggunakan sendok agar sarinya mudah keluar. Kemudian tambahkan dengan sedikit air hangat dan aduk hingga merata. Masker apel siap untuk dipakai.


2. Oleskan Masker ke Wajah

Oleskan masker apel tadi ke seluruh bagian wajah terutama yang berjerawat. Diamkan hingga masker tersebut mengering, biasanya membutuhkan waktu 2 hingga 5 menit.


3. Bersihkan Menggunakan Air Mengalir

Bersihkan sisa masker menggunakan air mengalir. Akan lebih sempurna jika dibersihkan lagi dengan sabun wajah. Jadi tidak ada sisa masker apel yang menempel di bagian muka.


Ternyata tidak terlalu sulit bukan mengubah buah nikmat ini menjadi produk kecantikan. Jika hanya untuk menghilangkan bekas jerawat kamu cukup mengoleskannya pada bagian luka dan biarkan hingga mengering.


Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Kentang

Kentang selain bagus dikonsumsi untuk mengencangkan pinggul ternyata juga memiliki manfaat lain. Salah satunya adalah membantu menghilangkan bekas jerawat di bagian kulit wajah.


Sari dalam kentang memiliki kandungan fiber yang tinggi dan bermanfaat membantu regenerasi. Vitamin e di dalamnya juga bagus untuk menjaga kecerahan dan kekencangan kulit muka.


Proses untuk menjadikan kentang sebagai penghilang jerawat juga cukup mudah. Berikut ini akan dijelaskan secara detail cara pembuatan hingga pengaplikasiannya. Jadi kamu bisa segera menerapkannya sendiri.


1. Membuat Masker Kentang

Siapkan kentang kemudian cuci hingga bersih dan kupas seluruh kulitnya. Parut kentang hingga halus agar mudah diperas sarinya. Peras menggunakan kain penyaring bersih.


Air hasil perasan tersebut yang akan digunakan sebagai bahan penghilang bekas jerawat. Pisahkan pada wadah tersendiri agar tidak terkontaminasi dengan kotoran lainnya.


2. Pemakaian Masker

Untuk menggunakannya kamu bisa langsung mengoleskan air kentang tadi pada bagian bekas jerawat. Bisa juga dicampurkan dengan bahan lain seperti kunyit dan kayu manis.


3. Finishing

Setelah membiarkan air kentang tadi mengering pada bagian luka selama 10 hingga 20 menit, bersihkan. Kamu bisa menggunakan air mengalir untuk membersihkannya dari sisa bahan.


Penggunaan kentang sebagai pembantu regenerasi luka memang sudah diterapkan sejak zaman dahulu. Jadi khasiatnya untuk tubuh memang sudah teruji baik itu secara klinis maupun historis.


Dari keempat bahan tersebut kamu dapat memilih mana yang paling dibutuhkan dan mudah didapatkan. Tidak perlu harus panik ketika mengalami masalah kulit. Bahan alami masih bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat di pipi yang menghitam.

  • 👈 SHARE: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Menghitam Secara Alami dan Cepat

Terkini

Topik Populer

Iklan