-->

Iklan

terkini

8 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Yang Kasar Secara Alami dan Ampuh

JNJ Indonesia
6/06/22, 19:57 WIB Last Updated 2022-06-06T13:01:16Z
Cara Menghaluskan Kulit Wajah

JNJIndonesia.com - Ketahui bagaimana cara menghaluskan kulit wajah yang kasar dengan menggunakan bahan alami. Dijamin kamu bisa mendapatkan kulit halus tanpa menggunakan bahan kimia buatan.



Alam sudah menyediakan berbagai sumber dayanya yang bisa digunakan sebagai cara menghaluskan kulit secara alami dan aman. Kamu tidak harus menggunakan produk pabrikan untuk mendapatkan kulit cantik.


Sudah banyak peradaban yang menggunakan metode alami dalam menjaga kecantikannya. Tidak hanya di Korea saja, Indonesia ternyata juga memiliki kebiasaan unik yang bisa menjaga kecantikan wajah.


Justru disini lebih banyak bahan alami yang sudah tersedia dengan segudang manfaatnya. Tidak hanya kulit saja, bahkan kesehatan tubuh dapat dijaga secara optimal dengan memanfaatkan produk alami.


Oleh karena itu kamu tidak perlu pusing harus memilih produk pabrikan untuk menghaluskan kulit wajah kamu. Cukup manfaatkan bahan yang ada di alam sekitar kita dan semuanya bisa dilakukan.


Pada artikel ini akan dibahas beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah yang kasar. Mulai dari beras, hingga kunyit, semuanya akan dibahas lengkap mengenai bagaimana membuat dan menggunakannya.


Jadi kamu bisa mempraktekkannya sendiri di rumah tanpa perlu kesulitan. Peralatan yang digunakan juga semuanya dapat ditemukan secara mudah di rumah. Dijamin membuatnya tidak perlu waktu lama.


Sebagai catatan apabila ternyata kulitmu memiliki reaksi berlawanan atau menunjukkan alergi maka hentikan penggunaan. Beberapa orang memang sensitif terhadap kandungan bahan tertentu bahkan dari alam.


Cara Menghaluskan Kulit Wajah Menggunakan Tepung Beras

Penggunaan tepung beras untuk menghaluskan kulit sampai saat ini masih digunakan di Indonesia bagian timur. Banyak ibu-ibu nelayan menggunakannya sebagai tabir surya dan menjaga wajah tetap halus.


Dari segi klinis sendiri beras memang banyak mengandung riboflavin dan thiamin yang bagus untuk regenerasi sel. Oleh karena itu penggunaannya untuk menjaga kecantikan memang tidak boleh diremehkan.


Proses pembuatan lulur dari tepung beras tidak terlalu sulit. Disarankan kamu membuat sendiri tepung beras secara manual. Karena jika menggunakan tepung kemasan ditakutkan sudah mengandung bahan aditif, berikut ini detailnya.


1. Haluskan Beras dan Campur dengan Air Hangat

Proses pembuatan masker tepung beras sebagai cara menghaluskan kulit wajah secara alami tidak sulit. Kamu hanya perlu menumbuk beras hingga menjadi halus. Bisa juga menggunakan blender agar lebih mudah.


Setelah beras sudah halus menjadi tepung kamu tinggal mencampurkannya dengan air hangat. Gunakan air dan tepung secukupnya hingga berbentuk seperti pasta. Sisa tepung masih bisa disimpan dan digunakan lain waktu.


2. Lulurkan Secara Merata

Sebelum menggunakan lulur beras ini kamu harus mencuci muka terlebih dahulu. Baru setelah itu oleskan secara merata dan tipis lulur beras tadi pada bagian wajah. Bisa juga digunakan untuk seluruh tubuh.


Kemudian biarkan lulur tersebut mengering secara alami, kurang lebih memakan waktu 10 hingga 20 menit. Jadi paling pas digunakan sebagai treatment sebelum tidur.


3. Cuci Menggunakan Air Hangat

Kamu bisa membersihkan sisa lulur yang ada di wajah menggunakan air hangat. Setelah itu bersihkan lagi menggunakan sabun pencuci muka agar hasilnya lebih optimal dan tidak ada sisa lulur.


Proses pembuatan dan penggunaannya sangat mudah bukan. Jika cocok, kamu bisa menggunakan cara ini secara teratur agar mendapatkan hasil lebih sempurna. Ingat tepung beras buatan sendiri selalu lebih baik.


Cara Menghaluskan Kulit Wajah Menggunakan Masker Kunyit

Kunyit memang salah satu bumbu dapur paling sering ditemui. Selain dapat membuat masakan semakin nikmat, ternyata kunyit juga bisa dijadikan salah satu bahan perawatan kulit tubuh.


Kandungan asam pada kunyit sangat bagus untuk meremajakan kembali sel dan juga membantunya melakukan regenerasi. Jadi bagi kamu yang ingin terlihat awet muda bisa menggunakannya.


Cara pembuatannya juga tidak sulit, semua peralatan sudah tersedia di dapur. Pengaplikasiannya juga tidak memakan waktu lama sehingga cocok digunakan kapan saja. Berikut ini cara pembuatan dan penggunaan masker kunyit.


1. Cara Mudah Membuat Masker Kunyit

Pembuatan masker kunyit sebagai cara menghaluskan kulit wajah yang kasar tidak sulit dilakukan. Kamu hanya perlu mempersiapkan kunyit yang sudah dibersihkan dan dikupas dari bagian kulitnya.


Kemudian parut kunyit tersebut hingga halus agar lebih mudah diperas sarinya. Proses pemerasan dapat menggunakan kain khusus agar sari dan ampasnya lebih mudah dipisahkan.


2. Penggunaan Masker Kunyit Paling Tepat

Sari kunyit yang sudah dipisahkan dari ampasnya bisa digunakan sebagai masker atau lulur. Namun sebelumnya kamu harus membersihkan dulu bagian tubuh yang akan dilumuri oleh kunyit ini.


Kamu bisa menggunakan sabun pencuci muka sebelum memakai kunyit. Oleskan secara merata dan tipis masker kunyit di bagian wajah. Beberapa orang juga menyarankan untuk menggunakan ampasnya juga.


3. Langkah Pembersihan

Proses pembersihan akan dilakukan setelah masker kunyit mengering alami di permukaan kulit. Proses tersebut kurang lebih memakan waktu 5 hingga 10 menit hingga kunyit kering sempurna.


Setelah itu bilas menggunakan air hingga bersih atau bisa juga dengan sabun pencuci wajah agar lebih optimal. Kamu dapat menggunakannya secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.


Untuk kulit sensitif penggunaan masker kunyit kurang disarankan karena dapat memicu iritasi. Kandungan asam yang cukup tinggi pada kunyit bagi kulit sensitif akan menimbulkan gejala kemerahan.


Cara Menghaluskan Kulit Wajah Menggunakan Air Beras

Menggunakan air beras untuk menghaluskan kulit adalah cara tradisional yang digunakan oleh wanita jepang. Perlu diingat disini air beras bukanlah hasil cuciannya seperti yang banyak dikatakan orang, ini cara membuatnya.


1. Membuat Air Beras

Air beras disini didapatkan dari rendaman beras selama satu malam seperti pada saat akan membuat sake. Mengapa bukan air cucian beras, karena di Indonesia kondisi beras masih kotor dan justru bisa menimbulkan jerawat.


Jadi cuci terlebih dahulu beras agar debu yang menempel hilang baru kemudian merendamnya semalaman. Proses perendaman ini tidak memerlukan bahan tambahan apapun sama seperti pembuatan sake.


2. Cuci Muka dengan Air Beras

Air beras tadi cukup dijadikan sebagai pencuci muka setiap malam sebelum tidur. Jadi ketika pori-pori wajah terbuka, riboflavin akan lebih mudah terserap secara alami. Hampir tidak ada efek samping dari penggunaan air beras ini.


3. Manfaatnya yang Diperoleh

Air hasil rendaman beras tersebut mengandung ribovlafin yang bagus untuk meregenerasi sel kulit. Jadi cara menghaluskan kulit wajah pria dan wanita menggunakan air beras ini sangat bagus karena penyerapannya bisa optimal.


Jadi jenis kulit seperti apapun tetap bisa menggunakannya tanpa takut mengalami reaksi negatif. Kamu juga bisa menghangatkan air beras yang akan dijadikan sebagai pencuci muka agar hasilnya lebih bagus.


Akan lebih sempurna lagi jika setelah mencuci muka dengan air beras kamu kembali membersihkannya dengan sabun wajah. Ini akan mempermudah pembersihan noda di pori-pori dan pengangkatan sel epidermis mati.


Cara Menghaluskan Kulit Wajah Menggunakan Scrub Kopi

Meskipun konsumsi kopi kurang bersahabat bagi kesehatan kulit, namun ternyata masih memiliki manfaat lain. Ampas kopi dapat dijadikan sebagai scrub saat mandi untuk memudahkan pengangkatan sel kulit mati.


Asam askorbat dan thiamin yang terdapat pada kopi dapat membantu membuka pori-pori tubuh saat mandi. Ketika pori-pori melebar maka kotoran di dalamnya akan lebih mudah terangkat saat mandi.


Proses pembuatan scrub dari kopi juga tidak terlalu sulit. Bahan tambahan yang digunakan bisa menggunakan air kunyit dan minyak zaitun. Berikut ini adalah detail pembuatan dan penggunaan scrub kopi.


1. Membuat Scrub dari Kopi

Untuk membuat scrub kopi cukup campurkan dua sendok makan kopi bubuk alami, minyak zaitun, dan dua sendok teh air kunyit. Aduk campuran tersebut hingga menyerupai pasta.


2. Cara Menggunakan Scrub Kopi untuk Kulit

Untuk menggunakannya kamu cukup mengoleskan di seluruh tubuh seperti penggunaan scrub pada umumnya. Gosokkan hingga merata di seluruh tubuh dan biarkan selama 1 hingga 3 menit.


3. Metode Membersihkannya

Setelah didiamkan selama 1 hingga 3 menit kamu bisa mulai membersihkannya menggunakan air hangat. Kemudian bersihkan lagi menggunakan sabun agar hasilnya lebih sempurna.


Proses penggunaan scrub kopi memang cukup sederhana dan bisa digunakan kapan saja. Kandungan bahannya yang tidak terlalu kuat juga dapat digunakan oleh berbagai jenis kulit tanpa perlu takut terjadi reaksi negatif.


Dari beberapa cara menghaluskan kulit wajah yang kasar dengan cepat secara alami tadi kamu bisa menentukan sendiri mana yang paling mudah dan cocok digunakan. Memang menggunakan bahan alami sebagai cara menghaluskan kulit terbukti cukup optimal.

  • 👈 SHARE: 8 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Yang Kasar Secara Alami dan Ampuh

Terkini

Topik Populer

Iklan