-->

Iklan

terkini

Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan, Tanpa Modal

JNJ Indonesia
9/05/21, 22:25 WIB Last Updated 2021-09-05T15:25:57Z
Ide Usaha Sampingan Karyawan

Ide usaha sampingan untuk karyawan bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik ketika ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Ketika menjadi karyawan, entah di perusahaan kecil atau perusahaan besar, sudah pasti kamu memiliki impian.

Bukan hanya untuk mewujudkan impian, sebagai karyawan ada kalanya kita juga memiliki kebosanan tinggi serta penat. Ketika berada di masa ini, kamu harus mencari alternatif dan mencoba usaha sampingan.

Menjadi karyawan sebenarnya memberikan berbagai macam keuntungan seperti kebanggaan, memiliki penghasilan yang jelas setiap bulan dan lainnya. Namun, suatu saat tentu kita ingin membuka usaha sendiri bukan.

Mengapa Harus Mencari Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan


Ada berbagai macam alasan mengapa karyawan harus mempunyai usaha sampingan. Berikut serangkaian alasan yang membuatmu harus memiliki usaha sampingan, antara lain:

1. Kamu bisa melakukan apa yang disukai
Mempunyai usaha sampingan membuatmu bisa melakukan hal yang benar-benar kamu suka. Kamu bisa memilih usaha sampingan yang berasal dari hobimu seperti memasak atau mendesain.

Ketika kamu melakukan hal yang kamu sukai, kamu tidak akan melihat usaha sampingan ini menjadi sebuah beban atau aktivitas membosankan, namun malah menjadi hal menyenangkan.

2. Bisa bertemu dengan orang baru
Mencoba ide usaha sampingan untuk karyawan bisa membuatmu bertemu dengan orang baru. Biasanya, orang yang kamu temui hanya teman-teman kantor. Kamu juga akan berbicara dengan orang yang sama setiap hari.

Tentu hal ini berbeda jika kamu mempunyai usaha sampingan, kamu akan bertemu dengan pelanggan baru, klien baru serta supplier baru. Hal tersebut akan mengasah kemampuan sosial serta komunikasimu.

3. Menjadi semakin bahagia
Masalah keuangan adalah salah satu tekanan yang biasanya dialami. Terbatasnya jumlah pendapatan bisa membuatmu kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi jika kamu hanya pada level staf dan tidak begitu besar penghasilannya.

Mempunyai bisnis sampingan akan membuatmu menghasilkan uang ekstra setiap bulannya, kelebihan uang ini bisa kamu gunakan untuk membeli hal yang kamu inginkan atau untuk ha; bermanfaat lainnya.

4. Mengasah keterampilan
Dengan membuka bisnis sampingan, keterampilan yang kamu miliki bisa menjadi semakin terasah. Keahlian yang kamu miliki tentu saja juga ikut bertambah. Bahkan, keterampilan dari bisnis sampinganmu ini bisa saja mendukung karir pekerjaan utamamu.

Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan


Ada berbagai macam peluang usaha yang bisa kamu jalankan meskipun masih berstatus sebagai karyawan. Berikut berbagai macam pilihan usahanya:

1. Guru memasak
Memiliki hobi memasak, bila demikian kamu bisa menggunakan hobimu untuk bisnis yang akan digeluti. Kamu bisa membuka les privat memasak. Bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal karena hanya mengandalkan kemampuan.

2. Web developer
Usaha web developer berkaitan erat dengan keahlian, bila kamu mempunyai ilmu spesial untuk membuat website, kamu bisa segera menggunakan ilmu ini untuk membuka usaha. apalagi di jaman ini, deb developer sangat dibutuhkan.

3. Menjual barang bekas
Bila kamu ingin bisnis yang menyenangkan dan memiliki banyak penghasilan, salah satu pilihan ide usaha sampingan untuk karyawan adalah berjualan barang bekas.

Kamu bisa menjual kembali barang yang masih layak. Banyak barang-barang yang bisa kamu jual seperti mesin cuci, lemari, pakaian dan tas branded.

4. Admin media sosial
Akun media sosial sekarang ini menjadi semakin marak, apalagi berbagai macam akun tersebut mempunyai informasi dan pengunjung yang bagus. Namun dibaliknya tentu ada adminnya bukan.

Kamu bisa mencoba menjadi admin media sosial. Kamu bisa mengambil bisnis ini di saat weekend, sehingga di hari biasa kamu tetap memiliki waktu untuk keluarga.

5. Reseller
Bisnis toko online seperti reseller sekarang ini menjamur, reseller tidak membutuhkan modal yang banyak, selain itu kamu bisa memasarkannya dari mulut ke mulut menggunakan sosial media atau menjualnya dengan membuka kios.

Dalam bisnis ini, kamu hanya perlu memilih produsen yang nantinya akan memasok barang-barang jualanmu.

Rintangan saat Menjalankan Usaha Sampingan


Setelah menemukan ide usaha sampingan untuk karyawan, perjuanganmu tidak berhenti begitu saja. Ada beberapa tantangan yang mungkin akan dihadapi ketika menjalankan usaha sampingan ini, antara lain:

1. Sulitnya membagi waktu
Karena menjadi usaha sampingan, dan sekarang kamu masih berstatus sebagai karyawan kantor, tentu saja kamu akan merasa sulit membagi waktu. Belum lagi jika kamu sudah berkeluarga.

Kamu harus membagi waktu untuk pekerjaan kantormu, kemudian setelah pulang dilanjutkan dengan menjalankan usaha sampingan dan berikutnya harus fokus juga dengan pasangan dan anak.

2. Modal yang dibutuhkan
Rintangan berikutnya ketika ingin mencoba ide usaha sampingan untuk karyawan ialah modal yang diperlukan. Sebenarnya, untuk masalah modal, bergantung dari bisnis sampingan seperti apa yang ingin kamu kembangkan.

Bila bisnis yang kamu kembangkan adalah bisnis kecil-kecilan, tentu saja modal yang dibutuhkan tidak begitu besar, berbeda ketika ingin membuat bisnis sampingan seperti usaha restoran.

3. Harus memulai dari 0
Rintangan pertama ketika ingin memulai ide usaha adalah harus mulai dri 0. Ketika menjadi karyawan, kamu hanya perlu menjalankan sistem yang ada serta menerima penghasilan, terlepas dari naik turunnya penjualan perusahaan.

Tetapi, ketika kamu membuka bisnis sendiri, kamu harus bersiap mulai dari 0, tentu saja tantangan ini tidak mudah dihadapi, karena ketika menjalankan bisnis, bisnis tidak akan langsung ramai, sehingga terkadang ada rasa cemas harus memulai dari 0.

Tips Menjalankan Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan


Memiliki status sebagai karyawan dan sembari memulai usaha, tentu kamu harus pintar-pintar untuk menyusun strategi yang tepat. Berikut beberapa tips agar usaha sampingan yang kamu lakukan berjalan dengan lancar, antara lain:

1. Buat jadwal dengan ketat
Sebelum terjun melakoni ide usaha sampingan untuk karyawan yang sudah kamu rancang, kamu harus mengatur jadwal dengan baik. pengaturan jadwal bisa membantumu memprioritaskan seluruh waktu yang dimiliki.

Bukan hanya itu, jadwal yang ketat bisa memisahkan dengan baik kapan waktu untuk fokus melakukan bisnis sampingan dan kapan waktu yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan utama.

2. Fokus dengan satu bisnis
Kamu memang boleh-boleh saja menjalankan usaha sampingan, namun bila belum berpengalaman, lebih baik jangan membuka terlalu banyak bisnis. Kamu bisa fokus dengan satu bidang saja.

Hal ini disebabkan karena kamu masih mempunyai tanggung jawab pada pekerjaan utama, sehingga kamu harus benar-benar profesional menjalaninya.

3. Buat rencana bisnis dengan matang
Jika sudah memutuskan apa bisnis yang akan dijalankan, kamu harus membuat rencana usaha dengan baik dan matang. Kamu juga harus tekun untuk menjalani rencana bisnis tersebut. Dengan rencana yang baik, kemajuan bisnis bisa semakin terlihat.

4. Perbanyak jaringan pertemanan
Harus diketahui jika semakin banyak jaringan pertemanan, promosi yang bisa kamu lakukan juga menjadi semakin mudah. Kamu bisa mencoba menawarkan bisnismu ini pada teman satu kantor.

Kamu tidak perlu repot-repot ketika menjalankan usaha ini. kamu bisa menggunakan apa yang ada di sekitar kemudian mengembangkan ide usaha sampingan untuk karyawan yang kamu rancang, dan nantinya akan menjadi sebuah peluang usaha.
  • 👈 SHARE: Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan, Tanpa Modal

Terkini

Topik Populer

Iklan